Kompas TV olahraga sepak bola

Arsenal Sepakati Transfer Riccardo Calafiori dari Bologna

Kompas.tv - 21 Juli 2024, 05:35 WIB
arsenal-sepakati-transfer-riccardo-calafiori-dari-bologna
Bek Timnas Italia dan Bologna, Riccardo Calafiori, dilaporkan telah mencapai kesepakatan untuk bergabung dengan Arsenal. (Sumber: mansionsportsnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Arsenal dilaporkan telah mencapai kesepakatan penuh mengenai transfer bek tengah Bologna dan Italia, Riccardo Calafiori.

Kesepakatan tercapai setelah ada terobosan pada Sabtu (20/7/2024), yang mengakhiri negosiasi intens selama beberapa minggu terakhir.

Calafiori, 22 tahun, telah menjadi target utama Arsenal. Pemain tersebut dikabarkan telah menyetujui persyaratan pribadi jauh sebelumnya. 

Juventus, yang kini ditangani oleh mantan pelatih Bologna, Thiago Motta, sempat menjadi favorit dalam perburuan Calafiori. Namun, bek tengah itu memilih untuk berlabuh di London Utara.

Jurnalis Fabrizio Romano lewat akun X-nya mengatakan Arsenal dan Bologna telah menyepakati biaya transfer sebesar 40 juta euro (Rp706 miliar) di muka, dengan tambahan 5 juta euro (Rp88 miliar) dalam bentuk bonus. 

Total biaya transfer Calafiori bisa mencapai 45 juta euro (Rp794miliar), dengan Bologna mempertahankan klausul penjualan kembali.

Calafiori bergabung dengan Bologna dari Basel tahun lalu dengan biaya 4 juta euro (Rp70 miliar). Sebelum itu, ia berkembang di akademi Roma dan sempat bermain untuk Genoa. 

Baca Juga: Rodri Ungkap Perbedaan Man City dan Arsenal dalam Perburuan Gelar Liga Inggris

Musim lalu, ia mencatatkan dua gol dan lima assist dalam 33 penampilan, serta berperan penting dalam membantu Bologna lolos ke Liga Champions 2024/2025.

Di kancah internasional, Calafiori menjadi starter dalam tiga pertandingan untuk Italia di Euro 2024, termasuk menciptakan assist penting bagi Mattia Zaccagni dalam laga melawan Kroasia di fase grup.

Kedatangan Calafiori menjadikan dirinya rekrutan baru kedua Arsenal musim panas ini setelah David Raya.

Namun, ia adalah pemain baru pertama yang bergabung dengan skuad Mikel Arteta untuk musim 2024/2025. 

Meskipun sulit membayangkan Calafiori mendapatkan banyak menit bermain di posisi bek tengah, mengingat solidnya pasangan William Saliba dan Gabriel Magalhaes, ia akan menjadi pelapis yang berharga jika salah satu dari mereka cedera.

Calafiori juga mampu bermain sebagai bek kiri, posisi yang sangat membutuhkan peningkatan di Arsenal. 

Kedatangan Calafiori dapat membuka jalan bagi Jakub Kiwior untuk hengkang, mengingat dia diminati klub Serie A.

Selain itu, posisi Oleksandr Zinchenko juga menjadi tanda tanya setelah kehilangan tempatnya di tim utama musim lalu. 

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2024-25 Resmi Dirilis, Pekan 1 Langsung Sajikan Duel Chelsea vs Man City


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x