Kompas TV olahraga sepak bola

Chelsea Minta Maaf atas Kasus Rasis Enzo Fernandez ke Skuad Timnas Prancis

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 19:39 WIB
chelsea-minta-maaf-atas-kasus-rasis-enzo-fernandez-ke-skuad-timnas-prancis
Enzo Fernandez memberi isyarat sebelum pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Chelsea dan Fulham di stadion Stamford Bridge di London, Jumat, 3 Februari 2023. (Sumber: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Chelsea buka suara soal kasus ujaran rasis pemainnya, Enzo Fernandez ke skuad Timnas Prancis. 

Seperti diketahui, Enzo melakukan siaran langsung di Instagram pribadinya yang memperlihatkan pesta perayaan kemenangan Argentina di Copa America 2024. 

Namun, dalam siaran tersebut, Enzo dan sejumlah pemain Argentina menyanyikan chant bernada rasis. Nyanyian itu ditunjukkan untuk para pemain keturunan Afrika yang banyak mengisi skuad Timnas Prancis. 

Dalam pernyataan resminya, Chelsea mengutuk segala bentuk perilaku diskriminatif dan meminta maaf kepada publik atas ujaran rasis Enzo Fernandez. 

“Chelsea menganggap segala bentuk perilaku diskiriminatif tidak bisa diterima,” demikian bunyi pernyataan resmi Chelsea.

Baca Juga: Messi Dapat Penghormatan Meski Tak Main Penuh Saat Argentina Juara Copa America 2024

“Kami bangga menjadi klub yang menerima keberagaman dan inklusif, tempat orang-orang dari semua budaya, komunitas, dan identitas diterima.”

“Kami mengakui dan menghargai permintaan maaf kepada publik terhadap yang dilakukan pemain kami dan akan menggunakan momentum ini sebagai kesempatan pembelajaran. Klub telah memulai prosedur disiplin secara internal,” lanjut keterangan resmi Chelsea.

Sementara itu, Enzo sejatinya juga sudah meminta maaf ke publik. Dia mengakui nyanyiannya mengandung bahasa ofensif. 

“Saya ingin meminta maaf dengan tulus atas video yang diunggah di Instagram saya saat perayaan tim nasional,” tulis Enzo di InstaStory di akun Instagram pribadinya, Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Dilaporkan Diskors Dua Tahun

“Lagu tersebut mengandung bahasa yang sangat ofensif dan sama sekali tidak ada alasan untuk ini. Saya menentang diskriminasi dalam segala bentuk dan meminta maaf karena terjebak dalam perayaan Copa America."

“Video, momen, dan kata-kata itu tidak mencerminkan keyakinan atau karakter saya. Saya benar-benar meminta maaf,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) sudah mengajukan pengaduan hukum atas tindakan rasis yang dilakukan Timnas Argentina. 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x