Kompas TV olahraga sepak bola

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Dilaporkan Diskors Dua Tahun

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 10:35 WIB
presiden-federasi-sepak-bola-spanyol-dilaporkan-diskors-dua-tahun
Kapten tim nasional Spanyol, Alvaro Morata (kiri) bersama dengan Presiden RFEF, Pedro Rocha (tengah) dan pelatih timnas Spanyol, Luis de la Fuente (kanan) mengangkat Piala Eropa 2024 usai tiba di bandara Adolfo Suarez Madrid - Barajas, Madrid, Senin (15/07/2024). (Sumber: ANTARA/AFP/OSCAR DEL POZO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

MADRID, KOMPAS.TV - Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Pedro Rocha, dilaporkan dijatuhi skorsing dua tahun oleh Tribunal Administratif Olahraga Spanyol (TAD). Skandal ini datang hanya beberapa hari setelah kemenangan Spanyol di final Euro 2024.

Menurut laporan dari media Spanyol, Onda Cero dan Iusport, yang dilansir dari The Score, Selasa (16/7/2024), TAD menghukum Rocha karena membuat keputusan di luar kewenangannya. 

Salah satu keputusan yang membuat Rocha dihukum adalah pemecatan sekretaris jenderal federasi, Andreu Camps.

Rocha diangkat menjadi presiden RFEF pada April, menggantikan mantan ketua Luis Rubiales yang terpaksa mundur pada September 2023. 

Rubiales memutuskan mundur setelah mencium pemain Jenni Hermoso secara paksa saat upacara penyerahan medali setelah kemenangan Spanyol di Piala Dunia Wanita.

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: La Roja Raja Eropa

Baik Rocha maupun Rubiales saat ini juga sedang diselidiki dalam kasus korupsi yang melibatkan federasi selama masa kepemimpinan Rubiales. 

Sanksi yang dijatuhkan oleh TAD dapat menghalangi Rocha untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden federasi berikutnya pada bulan September. 

Salinan keputusan yang diposting oleh seorang jurnalis Onda Cero di X menunjukkan bahwa tribunal melarang Rocha "memegang jabatan di federasi olahraga mana pun" selama masa skorsing dua tahun tersebut.

Iusport melaporkan bahwa Rocha akan mengajukan banding atas keputusan tersebut dan meminta untuk tetap menjabat sampai bandingnya ditangani. Hal ini akan memungkinkan dia mencalonkan diri kembali pada musim gugur.

Dewan Olahraga Nasional Spanyol (CSD), yang mengawasi TAD, tidak memberikan tanggapan terkait permasalahan ini. 

Baca Juga: Kata Harry Kane dan Jude Bellingham soal Keok Dramatis dari Spanyol di Final Euro 2024




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x