Kompas TV olahraga sepak bola

Momen Final Copa America 2024: Martinez Selebrasi ke Messi, Pertandingan Sempat Tertunda

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 11:42 WIB
momen-final-copa-america-2024-martinez-selebrasi-ke-messi-pertandingan-sempat-tertunda
Lautaro Martinez dari Argentina memeluk Lionel Messi setelah mencetak gol pembuka timnya ke gawang Kolombia pada pertandingan sepak bola final Copa America di Miami Gardens, Florida, Senin (15/7/2024). (Sumber: AP Photo/Julio Cortez)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

FLORIDA, KOMPAS.TV - Argentina berhasil mempertahankan gelar Copa America mereka dengan kemenangan dramatis 1-0 atas Kolombia pada Senin (15/7/2024) pagi WIB di Hard Rock Stadium, Florida, Amerika Serikat (AS). Kemenangan ini diraih di tengah situasi sulit setelah Lionel Messi mengalami cedera di babak kedua dan harus ditarik ke bangku cadangan.

Drama dimulai bahkan sebelum pertandingan, dengan kick-off tertunda selama 1 jam 20 menit akibat kerusuhan penonton di sekitar stadion.

Namun, ketika pertandingan akhirnya dimulai, kedua tim menunjukkan permainan yang sengit dan seimbang.

Momen krusial terjadi pada menit ke-64 ketika Lionel Messi tiba-tiba terjatuh tanpa kontak saat berlari. Bintang Argentina itu terlihat kesakitan dan menutupi wajahnya dengan tangan saat duduk di bangku cadangan, menandakan cedera yang cukup serius. Beberapa kali kamera menangkap wajahnya yang menangis.

Meski kehilangan pemain kunci mereka, Tim Tango tidak menyerah. Pelatih Lionel Scaloni melakukan pergantian pemain yang terbukti menentukan dengan memasukkan Lautaro Martinez pada menit ke-97.

Baca Juga: Argentina Juara Copa America 2024: Gol Tunggal Lautaro Martinez Bawa Messi Tersenyum Lagi

Selebrasi dengan Kapten

Keputusan ini terbukti brilian ketika Lautaro Martinez berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-112.

Menerima umpan terobosan sempurna dari Giovani Lo Celso, Martinez dengan tenang melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Bola meluncur melewati tangan kiper Kolombia, Camilo Vargas, yang berusaha melakukan penyelamatan dengan sliding.

Setelah mencetak gol, Martinez berlari ke arah bangku cadangan untuk memeluk Messi, menunjukkan dedikasi tim kepada kapten mereka yang cedera.

Gol ini menjadi yang kelima bagi Lautaro Martinez di turnamen, mengukuhkannya sebagai pencetak gol terbanyak Copa America 2024.

Baca Juga: Penyebab Kekacauan di Final Copa America Argentina vs Kolombia, Sebabkan Delay Lebih dari Satu Jam

Kemenangan ini mengantarkan Argentina meraih gelar Copa America ke-16 mereka, rekor yang belum tertandingi.

Lebih impresif lagi, ini menjadi gelar besar ketiga berturut-turut bagi La Albiceleste setelah Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022.

Argentina juga berhasil menghentikan rekor tak terkalahkan Kolombia yang telah berlangsung selama 28 pertandingan sejak kekalahan terakhir mereka pada Februari 2022, ironisnya juga dari Argentina. Selamat untuk Argentina!


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x