Kompas TV olahraga sepak bola

5 Fakta Kemenangan Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: La Roja Raja Eropa

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 05:10 WIB
5-fakta-kemenangan-spanyol-vs-inggris-di-final-euro-2024-la-roja-raja-eropa
Skuad Timnas Spanyol merayakan kemenangan Euro 2024. Spanyol menang 2-1 atas Inggris dalam final yang bertempat di Olympiastadion Berlin, Jerman, Senin (15/7/2024) WIB. (Sumber: AP Photo/Andreea Alexandru)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Spanyol berhasil mengukuhkan diri sebagai raja Eropa setelah sukses memenangkan final Euro 2024 atas Inggris. 

Dalam laga final yang berlangsung di Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) dini hari WIB, Spanyol menang dengan skor 2-1. 

Dua gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Nico Williams (47') dan Mikel Oyarzabal (86'). Sementara itu, Inggris sempat menyamakan skor pada menit 73 lewat gol Cole Palmer. 

Hasil final Euro 2024 ini juga menyajikan sejumlah fakta menarik. Berikut, lima fakta menarik dari hasil final Piala Eropa 2024 antara Spanyol vs Inggris: 

5 Fakta Kemenangan Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024

1. Spanyol Raja Euro

Kemenangan ini juga menegaskan Spanyol sebagai tim tersukses sepanjang sejarah Euro. Ini adalah gelar Euro keempat bagi La Roja. 

Baca Juga: Hasil Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024: Skor 2-1, La Furia Roja Juara!

Sebelumnya, Spanyol pernah memenangkan turnamen ini pada edisi 1964, 2008, dan 2012. 

Adapun tim lain yang pernah juara Euro adalah Jerman (3 gelar), Italia dan Prancis (2 gelar), Rusia, Republik Ceko, Portugal, Slovakia, Belanda, Denmark, dan Yunani dengan torehan satu gelar. 

Ekspresi kecewa para pemain Inggris setelah kalah dari Spanyol dalam final Euro 2024 yang berlangsung di Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) waktu Indonesia. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)

2. Rekor Buruk Inggris

Sejak turnamen ini dipertandingkan pada 1958, Inggris merupakan tim pertama yang kalah dalam dua final beruntun. Pada edisi Euro 2020 lalu, Inggris kalah di final lawan Italia. 

3. Rekor Impresif Spanyol

Spanyol menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang mampu memenangkan seluruh pertandingan sejak fase grup hingga final. Total, pasukan Luis de la Fuente menang 7 kali. 

Selain itu, Tim Matador juga memecahkan rekor sebagai tim tersubur dalam satu turnamen Euro. Lamine Yamal dan kawan-kawan mencetak 15 gol sepanjang Euro 2024, mengungguli rekor yang sebelumnya dipegang Prancis pada Euro 1984. 

Baca Juga: Viral Foto Lionel Messi Mandikan Lamine Yamal Saat Bayi, Apakah Foto Tersebut Asli?

4. Lamine Yamal Fenomenal

Winger Spanyol Lamine Yamal menjadi pemain termuda yang pernah tampil dan memenangan Euro. Yamal baru berusia 17 tahun 1 hari. 

Selain itu, Yamal juga menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Euro. Dia memecahkan rekor tersebut saat membantu Spanyol menang 2-1 atas Prancis di laga semifinal. Saat itu, Yamal masih berusia 16 tahun 362 hari. 

Berkat penampilan impresif sepanjang Euro 2024, pemain Barcelona itu juga diganjar sebagai pemain muda terbaik turnamen. 

5. Capaian Pribadi Gareth Southgate

Gareth Southgate menjadi salah satu dari tiga pelatih yang pernah membawa timnya lolos dua kali ke babak final Euro. Dua pelatih lainnya adalah Helmut Schon dan Berti Vogts. 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x