Kompas TV olahraga sepak bola

Spanyol vs Inggris: Southgate Pernah Dilibas Tim Jesus Navas 4-0 di Final, Balas di Euro 2024?

Kompas.tv - 14 Juli 2024, 21:31 WIB
spanyol-vs-inggris-southgate-pernah-dilibas-tim-jesus-navas-4-0-di-final-balas-di-euro-2024
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate berselebrasi usai Inggris memastikan lolos ke final Piala Eropa 2024 setelah pertandingan Belanda vs Inggris di Dortmund, Jerman, Rabu (10/7/2024). (Sumber: Frank Augstein/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Pertandingan final Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris dijadwalkan di Stadion Olimpiade Berlin, Senin (14/7/2024) pukul 02.00 WIB. Laga ini akan menjadi partai spesial untuk Gareth Southgate.

Southgate berkesempatan membawa Timnas Inggris juara Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Eks Middlesbrough ini juga berkesempatan membalaskan kekalahan telak di pertandingan terakhirnya sebagai pemain.

Dalam final Euro 2024, Southgate bakal menghadapi nama familiar di kubu Spanyol, Jesus Navas. Keduanya pernah berhadapan ketika Southgate masih bermain untuk Middlesbrough.

Baca Juga: Spanyol Vs Inggris di Final Euro 2024: Prediksi Skor dan Perkiraan Susunan Pemain

Gareth Southgate memperkuat Middlesbrough saat klub Inggris itu secara mengejutkan lolos ke final Piala UEFA (kini Europa League) 2006 untuk melawan Sevilla. Di final, Southgate bermain sebagai bek tengah, sedangkan Jesus Navas sayap kanan.

Southgate dan kawan-kawan dipermalukan Sevilla di laga tersebut. Tim Jesus Navas mengalahkan Middlesbrough 4-0 berkat gol Luis Fabiano, Enzo Maresca, dan Frederic Kanoute.

Gareth Southgate kemudian pensiun usai timnya dipermak Sevilla di final Piala UEFA. Hampir dua dekade kemudian, Southgate menjadi pelatih dan kembali menghadapi Jesus Navas yang masih bermain di babak final.

Usai memimpin Three Lions menembus final Euro 2020 dan semifinal Piala Dunia 2018, Southgate pun mengusung satu misi jelang final Euro 2024. Eks Middlesbrough itu mengaku ingin juara agar Inggris dihormati di dunia sepakbola.

"Kami melalui banyak malam-malam yang menakjubkan, banyak rekor sudah dipatahkan, tetapi kami tahu kami harus mendapatkan trofi ini untuk benar-benar mendapatkan rasa hormat dari dunia sepakbola," kata Southgate dikutip Associated Press.

Baca Juga: Jelang Final Euro 2024: Dari Kawan Jadi Lawan, Ini Koneksi Skuad Spanyol dan Inggris


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x