Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Spanyol vs Inggris, Declan Rice Termotivasi Kekalahan di Final Euro 2020

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 17:00 WIB
jelang-spanyol-vs-inggris-declan-rice-termotivasi-kekalahan-di-final-euro-2020
Gelandang Timnas Inggris, Declan Rice, melakukan selebrasi dalam laga melawan Belanda di semifinal Euro 2024 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Rabu (10/7/2024). (Sumber: AP Photo/Andreea Alexandru)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Declan Rice menyebut kekalahan Inggris dari Italia di final Euro 2020 menjadi motivasinya dalam menyongsong partai puncak Euro 2024 kontra Spanyol. 

Duel Spanyol vs Inggris akan bertempat di Olympiastadion, Berlin, Jerman, Minggu (14/7/2024) atau Senin (15/7/2024) dini hari WIB. 

Seperti diketahui, tiga tahun silam, Inggris kalah dari Italia di final Euro 2020. Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Wembley, tetapi Italia menang 3-2 dalam babak adu penalti. 

"Melihat Italia mengangkat trofi Euro akan selalu menghantui saya selamanya," kata Rice, dikutip dari BBC Sport 

"Sekarang, kami diberikan kesempatan lain di mana kami bisa menuliskan sejarah kami sendiri, tetapi kami akan melawan tim yang top dan sangat kami hormati." 

Baca Juga: Jelang Final Euro 2024: Pertaruhan Masa Depan Gareth Southgate Pimpin Inggris

"Semoga kali ini kami bisa melakukannya. Bukan hanya untuk kami sendiri, tetapi juga bagi pelatih. Saya pikir, dia pantas mendapatkannya (trofi Euro)," sambung pemain Arsenal. 

Apabila mampu memenangi duel lawan Spanyol, Inggris akan mendapatkan trofi Piala Eropa perdana mereka. Selain itu, mereka akan menjadi negara ke-11 yang mampu menjadi juara Euro. 

Sebaliknya, bagi Spanyol ini adalah final Euro kelima. Dari empat final sebelumnya, La Furia Roja sanggup menang tiga kali (1964, 2008, dan 2012). 

Meski demikian, duel final Euro 2024 diprediksi akan berjalan ketat. Pasalnya, dari lima pertemuan terakhir, kedua kesebelasan sama-sama membukukan 2 kemenangan dan sekali bermain imbang. 

Baca Juga: Wasit Final Euro 2024 Terungkap, Terkenal usai Rugikan Timnas Indonesia dan Usir Shin Tae-Yong


 



Sumber : Kompas TV/BBC Sport



BERITA LAINNYA



Close Ads x