Kompas TV olahraga sepak bola

Tampil Buruk di Copa America 2024, Pelatih Timnas AS Gregg Berhalter Dipecat

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 21:15 WIB
tampil-buruk-di-copa-america-2024-pelatih-timnas-as-gregg-berhalter-dipecat
Pelatih Timnas Amerika Serikat (AS), Gregg Berhalter, dalam pertandingan Grup C Copa America antara AS dan Uruguay di Kansas City, Missouri, AS, Senin (1/7/2024). Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) resmi memecat Berhalter, Rabu (10/7/2024) atau Kamis WIB. (Sumber: AP Photo/Reed Hoffmann)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF) resmi memecat pelatih Gregg Berhalter usai penampilan buruk timnya di Copa America 2024, Rabu waktu setempat atau Kamis (11/7/2024) WIB. 

Sebagai tuan rumah, Amerika Serikat (AS) tampil buruk sepanjang Copa America 2024. Mereka gagal lolos dari fase penyisihan grup dengan catatan 1 kemenangan dan 2 kekalahan. 

"Saya ingin berterima kasih kepada Gregg atas kerja keras dan dedikasinya kepada U.S. Soccer dan Tim Nasional Pria kita," kata Presiden USSF Cindy Parlow Cone, dikutip dari ussoccer.com

"Kami sekarang fokus bekerja dengan Direktur Olahraga kami, Matt Crocker, dan memanfaatkan pengalamannya di tingkat tertinggi olahraga ini untuk memastikan kami menemukan orang yang tepat untuk memimpin USMNT (Timnas Sepak Bola Pria AS) ke era baru kesuksesan di lapangan."

Baca Juga: Pelatih Kolombia Nestor Lorenzo Antusias Tantang Argentina di Final Copa America 2024

Sementara Direktur Olahraga USSF Matt Crocker mengakut telah memulai pencarian pengganti Berhalter.

Seperti diketahui, AS akan menjadi salah satu dari tiga negara tuan rumah Piala Dunia 2026 selain Kanada dan Meksiko. 

"Kami sangat berterima kasih kepada Gregg atas komitmennya selama lima tahun terakhir kepada Tim Nasional Pria dan kepada U.S. Soccer," kata Crocker.

"Gregg telah mendapatkan rasa hormat dari semua orang di dalam organisasi kami dan telah memainkan peran penting dalam menyatukan tim muda dan menggerakkan program ini ke depan."

"Kami berharap yang terbaik untuk Gregg dalam usahanya di masa depan, dan kami yakin dia akan menemukan kesuksesan di posisi pelatih berikutnya."

Baca Juga: Semifinal Copa America 2024 Ricuh, Darwin Nunez Terlibat Adu Pukul dengan Suporter Kolombia

"Fokus langsung kami adalah menemukan pelatih yang dapat memaksimalkan potensi kami saat kami terus mempersiapkan diri untuk Piala Dunia 2026, dan kami telah memulai proses pencarian kami," kata Crocker.

Selama menukangi AS, Berhalter mencatatkan rekor 44 kemenangan, 17 hasil imbang, dan 13 kali kalah dari total 74 pertandingan di lintas kompetisi. 

Selain itu, Berhalter berhasil mempersembahkan trofi Gold Cup 2021 dan dua gelar Concacaf Nations League. Prestasi lainnya adalah membawa AS ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 


 




Sumber : Kompas TV, Ussoccer.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x