Kompas TV olahraga sepak bola

Wasit Kontroversial Jerman Pimpin Laga Semifinal Euro 2024 Antara Belanda vs Inggris

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 14:47 WIB
wasit-kontroversial-jerman-pimpin-laga-semifinal-euro-2024-antara-belanda-vs-inggris
Wasit Felix Zwayer beraksi selama pertandingan Grup F antara Turki dan Portugal pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Sabtu, 22 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Darko Vojinovic)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV — Pihak UEFA mengumumkan bahwa Felix Zwayer akan menjadi wasit dalam pertandingan semifinal antara Belanda vs Inggris di Euro 2024.

Penunjukan Zwayer ini menimbulkan berbagai reaksi, mengingat masa lalunya yang kontroversial terkait dengan skandal pengaturan pertandingan di Jerman.

Sebagai asisten wasit muda, Zwayer pernah menerima larangan enam bulan pada tahun 2006 atas dugaan menerima uang dari wasit lain, Robert Hoyzer, yang juga dihukum karena pengaturan skor.

Dilansir dari Associated Press, Zwayer diduga menerima 300 euro dari Hoyzer sebelum sebuah pertandingan pada tahun 2004 dan tidak segera melaporkan insiden tersebut. 

Meskipun demikian, tidak ada bukti bahwa Zwayer memanipulasi pertandingan dan ia akhirnya memberikan bukti penting dalam kasus tersebut.

Kontroversi masa lalunya kembali mencuat setelah gelandang Inggris, Jude Bellingham, mengkritik penunjukan Zwayer saat bermain untuk Borussia Dortmund pada tahun 2021. Kritik tersebut berujung pada denda 40.000 euro bagi Bellingham. 

Baca Juga: Kisah Penebusan Bukayo Saka, Antar Inggris ke Semifinal Euro 2024

Saat itu, Bellingham yang sekarang bermain di Real Madrid mempertanyakan keputusan memberi tugas kepada Zwayer untuk mengawasi pertandingan besar di Jerman.

Pertandingan semifinal Belanda vs Inggris akan menjadi pertandingan keempat Zwayer di Euro 2024.

Sebelumnya, ia setelah memimpin pertandingan saat Belanda menang 3-0 atas Rumania di babak 16 besar.

Bek Inggris, Luke Shaw menegaskan, penunjukan Zwayer tidak akan mempengaruhi persiapan tim.

Shaw menekankan pentingnya fokus pada pertandingan dan menghormati keputusan UEFA. 

"Tidak, sama sekali tidak. Kami harus menghormati keputusan UEFA siapa pun yang mereka pilih sebagai wasit. Itu tidak akan mengubah apa pun tentang kami," kata Shaw.

"Kami masih fokus pada pertandingan yang ada, bukan terlalu memikirkan wasit yang ditunjuk atau ini dan itu. Jadi bagi kami, itu tidak akan membuat perbedaan," tegas bek kiri Manchester United itu 

Sebagai informasi, pertandingan semifinal Euro 2024 lainnya antara Spanyol vs Prancis akan dipimpin oleh wasit Slovenia, Slavko Vincic. 

Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2024: Spanyol Vs Prancis dan Belanda vs Inggris




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x