Kompas TV olahraga sepak bola

Perjalanan 8 Tim ke Perempat Final Euro 2024, Siapa yang Bakal ke Semifinal?

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 22:56 WIB
perjalanan-8-tim-ke-perempat-final-euro-2024-siapa-yang-bakal-ke-semifinal
Pemain Jerman Jamal Musiala merayakan golnya saat mengalahkan Hungaria 2-0 di Stadion Stuttgart Arena, Rabu (19/6/2024). (Sumber: AP Photo/Darko Vojinovic)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

KOMPAS.TV - Euro 2024 kini memasuki babak perempat final dengan delapan tim tersisa yang akan bertarung untuk memperebutkan trofi Henri Delaunay di Berlin pada 14 Juli mendatang. 

Dari 24 tim yang memulai kompetisi, hanya delapan tim yang berhasil melaju ke babak ini, yaitu Spanyol, Jerman, Portugal, Prancis, Inggris, Swiss, Belanda, dan Turki.

Di perempat final pertama yang digelar pada Jumat (5/7/2024), Spanyol akan menghadapi tuan rumah Jerman yang kemudian dilanjutkan dengan duel Portugal yang berhadapan dengan Prancis.

Sehari setelahnya yaitu pada Sabtu (6/7/2024), Inggris bakal ditantang Swiss sementara Belanda harus meladeni perlawanan dari Turki.

Dari pertandingan perempat final Euro 2023 itu, hanya empat tim yang akan ke semifinal.

Lantas seperti apa perjalanan delapan kontestan yang tersisa?

Berikut ini langkah dari tiap tim:

Baca Juga: Turki Was-Was, UEFA Investigasi Merih Demiral Terkait Gestur Kontroversial di Euro 2024

1. Inggris

Sebagai juara Grup C, Inggris tampil kurang meyakinkan namun tetap tidak terkalahkan. Mereka menang 1-0 melawan Serbia, imbang 1-1 melawan Denmark, dan seri 0-0 melawan Slovenia.

Di babak 16 besar, Inggris mengalahkan Slovakia 2-1 setelah perpanjangan waktu.

Pelatih Gareth Southgate berharap penampilan terbaik dari pemain bintang seperti Harry Kane yang telah mencetak dua gol di turnamen ini.

2. Prancis

Prancis gagal memenangkan grup mereka untuk pertama kalinya sejak Euro 2012, dengan satu kemenangan dan dua kali imbang di Grup D.

Mereka mengalahkan Belgia 1-0 di babak 16 besar. Kylian Mbappé menjadi sorotan setelah mencetak gol penalti melawan Polandia.

Pelatih Didier Deschamps akan berusaha mencapai final keenam bersama timnas Prancis.

3. Jerman

Berstatus sebagai tuan rumah, Jerman memulai dengan gemilang, mengalahkan Skotlandia 5-1, Hungaria 2-0, dan imbang 1-1 melawan Swiss.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x