Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Euro 2024: Prancis Menang Tipis, Portugal Melenggang dengan Tangis Ronaldo

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 08:28 WIB
hasil-euro-2024-prancis-menang-tipis-portugal-melenggang-dengan-tangis-ronaldo
Reaksi Cristiano Ronaldo usai gagal memanfaatkan peluang mencetak gol dalam pertandingan Piala Eropa atau Euro 2024 antara Portugal vs Slovenia di Frankfurt, Jerman, Senin (1/7/2024). (Sumber: Michael Probst/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

DUESSELDORF, KOMPAS.TV - Prancis dan Portugal menjadi tim terbaru yang lolos ke perempat final Piala Eropa 2024 atau Euro 2024, Senin (1/7/2024) atau Selasa (2/7/2024) WIB.

Prancis menang tipis 1-0 atas Belgia di babak 16 besar, sedangkan Portugal menang adu penalti lawan Slovenia.

Berlaga di Stadion Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman, Prancis yang lebih diunggulkan lebih sering menunjukkan inisiatif menyerang saat lawan Belgia. Namun, Kylian Mbappe dan kawan-kawan sulit menembus pertahanan lawan.

Sebaliknya, Jan Vertonghen dan kawan-kawan sukses membuat Les Bleus frustrasi selama pertandingan. Anak asuh Didier Deschamps hanya melesakkan dua tembakan tepat sasaran dari 20 tembakan.

Baca Juga: Hasil Timnas U16 Indonesia vs Australia: Main dengan 10 Orang, Garuda Asia Kalah 3-5

Pertahanan Belgia akhirnya tembus berkat aksi pemain pengganti, Randal Kolo Muani, pada menit ke-85. Striker Paris Saint-Germain tersebut mendapat bola di dalam kotak penalti lalu mengirim tembakan diagonal.

Bola tembakan Kolo Muani mengenai lutut Vertonghen sehingga berbelok arah dan masuk ke gawang. Gol ini pun dianggap sebagai gol bunuh diri Vertonghen.

Sementara di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Portugal mesti melalui babak adu penalti untuk mengalahkan Slovenia. Benjamin Sesko dan kawan-kawan tampil solid dan merepotkan Portugal.

Drama Cristiano Ronaldo menjadi sorotan di laga ini usai pemain 39 tahun itu melewatkan sejumlah peluang berbahaya dan gagal mengeksekusi penalti. 

Pada babak perpanjangan waktu, Portugal mendapat penalti dan Ronaldo maju sebagai eksekutor. Tembakan eks pemain Real Madrid itu ditepis oleh Jan Oblak. Ronaldo terlihat menangis usai gagal melakukan penalti.

Akan tetapi, ketika laga berlanjut ke adu penalti, Ronaldo mampu bangkit dan mengonversi penalti pertama Portugal. Kali ini, Ronaldo mampu menaklukkan Oblak.

Portugal akhirnya lolos usai tiga eksekutor awal Slovenia, Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbic gagal mencetak gol; sedangkan Bruno Fernandes dan Bernando Silva melanjutkan jejak Ronaldo menaklukkan Oblak.

Portugal pun akan bertemu Prancis di babak perempat final Euro 2024. Laga ini dijadwalkan di Volksparkstadion, Hamburg pada Jumat (5/7).

Masih ada empat tim yang akan memperebutkan dua tempat tersisa di perempat final. Pada Selasa (2/7) malam ini, Euro 2024 menjadwalkan partai 16 besar antara Rumania vs Belanda dan Austria vs Turki.

Baca Juga: Southgate Sempat Pertimbangkan Ganti Bellingham dan Kane saat Inggris Tertinggal 0-1 dari Slowakia


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x