Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil 16 Besar Euro 2024: Spanyol Gilas Georgia, Salto Bellingham Selamatkan Inggris

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 07:49 WIB
hasil-16-besar-euro-2024-spanyol-gilas-georgia-salto-bellingham-selamatkan-inggris
Pemain Timnas Inggris, Jude Bellingham (kiri), berselebrasi dengan Harry Kane usai mencetak gol dalam pertandingan 16 besar Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 antara Inggris vs Slowakia di Stadion Veltins Arena, Jerman, Minggu (30/6/2024). (Sumber: Ebrahim Noroozi/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

GELSENKIRCHEN, KOMPAS.TV - Timnas Inggris dan Spanyol memastikan lolos ke babak perempat final Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 usai mengalahkan masing-masing Slowakia dan Georgia, Minggu (30/6/2024) atau Senin (1/7/2024) WIB.

Inggris harus menempuh babak perpanjangan waktu untuk memastikan kemenangan 2-1, sedangkan Spanyol menang telak 4-1.

Berlaga di Stadion Veltins Arena, Gelsenkirchen, Jerman, skuad besutan Gareth Southgate kesulitan menghadapi Slowakia pada awal laga.

Kendati tampil dominan, skuad Three Lions kesulitan menembus lini pertahanan Milan Skriniar dan kawan-kawan.

Inggris pun kebobolan terlebih dulu pada menit ke-25. Menyambut umpan David Strelec, Ivan Schranz sukses melepaskan diri dari kawalan bek Inggris dan menjaringkan bola ke gawang Jordan Pickford.

Baca Juga: Tak Lawan Timnas U16 Indonesia di Semifinal ASEAN Cup U16 2024, Pelatih Thailand Merasa Beruntung

Keunggulan Slowakia bertahan hingga babak kedua. Lini serang Inggris dibuat frustrasi sepanjang pertandingan, dan tak mampu melesakkan tembakan tepat sasaran kendati tampil dominan.

Pada menit akhir injury time, Jude Bellingham menjadi pahlawan Inggris dengan mencetak gol penyeimbang. Pemain Real Madrid itu menyambut bola lambung hasil situasi sepak pojok dengan tendangan salto.

Inggris mampu menang pada babak perpanjangan via gol Harry Kane. Inggris mencetak dua gol dari dua tembakan tepat sasaran sepanjang 120 menit.

Di pertandingan lain, Spanyol juga tertinggal lebih dulu dari Georgia sebelum bangkit meraih kemenangan. Anak asuh Luis De la Fuente tertinggal lebih dulu akibat gol bunuh diri Robin Le Normand.

Spanyol pun langsung mengepung lini pertahanan Georgia usai tertinggal satu gol. La Furia Roja berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-39 melalui aksi Rodri.

Pada babak kedua, Spanyol tampil digdaya dan menambahkan tiga gol ke gawang Georgia. Masing-masing gol Spanyol dicetak oleh Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo.

Spanyol akan menghadapi Jerman di partai perempat final Euro 2024. Sedangkan Inggris mesti menghadapi Swiss yang mengalahkan Italia.

Terdapat empat pertandingan babak 16 besar Euro 2024 yang masih akan digelar. Keempat pertandingan itu adalah Portugal vs Slovenia, Prancis vs Belgia, Rumania vs Belanda, dan Austria vs Turki.

Baca Juga: Kata Pelatih Italia Luciano Spalletti usai Tersingkir dari Euro 2024, Ungkap Hambatannya


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x