Kompas TV olahraga sepak bola

Euro 2024: Cristiano Ronaldo Buktikan Masih Punya Fisik Kuat dan Kecepatan di Usia 39 Tahun

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 18:45 WIB
euro-2024-cristiano-ronaldo-buktikan-masih-punya-fisik-kuat-dan-kecepatan-di-usia-39-tahun
Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, berteriak saat meninggalkan lapangan pada babak pertama pertandingan Grup F antara Georgia dan Portugal di turnamen sepak bola Euro 2024 di Gelsenkirchen, Jerman, Rabu, 26 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Andreea Alexandru)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Cristiano Ronaldo kembali membuktikan ketangguhannya di lapangan sepak bola meski sudah menginjak usia 39 tahun.

Meski belum mencetak gol, Ronaldo yang telah memperkuat Portugal untuk keenam kalinya di ajang Euro 2024, tampil impresif. Ia menjadi pemain utama dalam dua pertandingan pembuka Portugal di Euro 2024.

Penampilan memukau ditunjukkan oleh striker Al-Nassr ini, termasuk kontribusinya dalam kemenangan 3-0 atas Turki yang memastikan Portugal lolos ke babak 16 besar. 

Dalam laga tersebut, Ronaldo mencatatkan assist penting yang semakin memperkuat posisinya sebagai pemain kunci tim.

Selain kontribusinya untuk tim, Ronaldo juga masih menunjukkan kualitas fisik dan kecepatan yang dimilikinya meski akan berkepala empat tahun depan.

Menurut data terbaru yang dirilis oleh UEFA, Ronaldo mencatatkan rekor kecepatan tertingginya di ajang Euro dengan 32,7 km/jam.

Sebelumnya, rekor kecepatan tertinggi Ronaldo di ajang ini tercatat pada Euro 2012, saat ia berusia 27 tahun, dengan kecepatan 32 km/jam. 

Baca Juga: Georges Mikautadze Pimpin Daftar Top Skor Euro 2024, Cristiano Ronaldo Masih Nol

Pada Euro 2016 dan 2020, kecepatan Ronaldo mengalami penurunan menjadi 29,1 dan 29,7 km/jam. 

Selain mencatatkan rekor kecepatan, Ronaldo juga telah menempuh jarak 18,7 km di Euro 2024, menjadikannya pemain dengan jarak tempuh tertinggi ketujuh di skuad Portugal. 

Pemain Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, melakukan tendangan bebas dalam pertandingan Grup F antara Georgia dan Portugal di turnamen sepak bola Euro 2024 di Gelsenkirchen, Jerman, Rabu, 26 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)

Statistik ini pun membuktikan bahwa Ronaldo tidak hanya berlari cepat, tetapi juga memiliki daya tahan fisik yang luar biasa di lapangan.

Tak hanya di ajang internasional, performa Ronaldo di liga domestik juga patut diacungi jempol.

Musim lalu, ia meraih penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Pro Arab Saudi dengan 35 gol dan 11 assist dalam 31 penampilan.

Prestasi-prestasi tersebut membuktikan Ronaldo masih berada di puncak permainannya meski usianya tidak lagi muda.

Melihat performa yang masih cemerlang, tidak menutup kemungkinan bahwa Ronaldo akan kembali tampil di Euro 2028. 

Jika itu terjadi, Ronaldo akan berusia 43 tahun, dan tentunya menjadi sebuah pencapaian luar biasa bagi seorang atlet sepak bola. 

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Euro 2024: Diawali Swiss vs Italia, Big Match Prancis vs Belgia


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x