Kompas TV olahraga sepak bola

Georgia Ukir Sejarah di Euro 2024, Melenggang ke 16 Besar Usai Hantam Portugal Tanpa Balas

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 08:25 WIB
georgia-ukir-sejarah-di-euro-2024-melenggang-ke-16-besar-usai-hantam-portugal-tanpa-balas
Khvicha Kvaratskhelia dari Georgia melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya pada pertandingan Grup F antara Georgia dan Portugal pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Gelsenkirchen, Jerman, Rabu, 26 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Andreea Alexandru)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Tito Dirhantoro

GELSENKIRCHEN, KOMPAS.TV - Tim debutan turnamen Piala Eropa 2024 Georgia menumbangkan juara Euro 2016, Portugal, dengan skor 2-0 dalam laga terakhir Grup F, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Veltins-Arena, Schalke, menjadi saksi lahirnya sejarah baru dalam kompetisi sepak bola Piala Eropa itu.

Georgia memulai pertandingan dengan sangat impresif. Hanya butuh dua menit bagi tim asuhan Willy Sagnol untuk membuka keunggulan melalui gol Khvicha Kvaratskhelia yang memanfaatkan umpan Georges Mikautadze. Gol cepat ini seolah menjadi pertanda akan datangnya kejutan besar di laga ini.

Sepanjang babak pertama, Portugal berusaha menyamakan kedudukan. Cristiano Ronaldo mendapat kesempatan melalui tendangan bebas. Namun, kiper Georgia, Giorgi Mamardashvili, berhasil melakukan penyelamatan gemilang. Peluang-peluang lain dari Diogo Dalot dan Joao Palhinha juga tidak membuahkan hasil.

Memasuki babak kedua, drama semakin memuncak ketika Georgia mendapatkan hadiah penalti setelah Luca Lochoshvili dilanggar Antonio Silva di kotak terlarang.

Baca Juga: Akhir Fase Grup Euro 2024: Georgia dan Turki Melengkapi Tim di Babak 16 Besar

Georges Mikautadze, yang sebelumnya menjadi assist provider, kali ini berperan sebagai eksekutor dan berhasil menggandakan keunggulan Georgia menjadi 2-0 pada menit ke-57.

Meskipun Portugal terus menggempur pertahanan Georgia dengan berbagai serangan, termasuk peluang dari Chico Conceicao dan Nelson Semedo, pertahanan solid Georgia dan penampilan gemilang kiper Mamardashvili berhasil mempertahankan clean sheet hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil ini, Georgia berhasil menyegel tiket ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x