Kompas TV olahraga sepak bola

Kata Shin Tae-yong soal Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 10:05 WIB
kata-shin-tae-yong-soal-indonesia-lolos-putaran-ketiga-kualifikasi-piala-dunia-2026-zona-asia
Rizky Ridho saat cetak gol kedua bagi Timnas Indonesia saat laga Indonesia kontra Filipina di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB. Indonesia menang 2-0 sekaligus lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Sumber: Kompas.TV/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Gading Persada

JAKARTA,KOMPAS.TV - Indonesia berhasil cetak sejarah baru dengan lolos fase ketiga zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Hal ini dicapai usai Timnas Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno,Jakarta, Selasa (11/6/2024) pada laga terakhir Grup F putaran kedua.

Tom Haye menjadi pembuka gol skuad Garuda. Tendangan kerasnya melesat masuk ke gawang yang dijaga kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza menit ke-32. Hingga babak pertama usai skor masih sama 1-0 keunggulan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Jokowi: Lolosnya Timnas Indonesia ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sebuah Sejarah

Sebelas menit babak kedua berlangsung. Sundulan Rizky Ridho membawa Indonesia menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit 56 dan bertahan hingga laga yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi, serta Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo selesai.

Usai laga dalam konferensi pers, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut hasil positif tersebut didapat berkat kerja keras pemain di lapangan yang dapat mengalahkan kesulitan, bahkan cetak sejarah lolos ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga jualifikasi Piala Dunia 2026," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

Asnawi Mangkualam dan kolega berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Australia, Jepang, Iran, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya. 

"Tidak mudah bagi kami mengalahkan lawan seperti mereka, apalagi kami berada di peringkat 134 FIFA. Itu tandanya kami tim lemah," ucap arsitek asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia vs Filipina 2-0: Garuda Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lebih lanjut STY sapaan akrab pelatih timnas Indonesia menambahkan, "Tapi kami akan berusaha di ronde ketiga Zona Asia ini. Kami tidak menyerah dan persiapkan tim agar lebih baik lagi."

Pada putaran ketiga nanti ada 18 negara yang lolos yang didapat dari juara dan runner-up grup ronde 2. Mereka akan dibagi menjadi tiga grup berisi enam tim dengan sistem kompetisi penuh.

Dua tim teratas di klasemen berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Sementara peringkat ketiga dan keempat akan mengikuti babak play off.


 



Sumber : Kompas TV, PSSI



BERITA LAINNYA



Close Ads x