Kompas TV olahraga sepak bola

Jokowi: Lolosnya Timnas Indonesia ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Sebuah Sejarah

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 08:50 WIB
jokowi-lolosnya-timnas-indonesia-ke-ronde-3-kualifikasi-piala-dunia-2026-sebuah-sejarah
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Thom Jan Haye (paling kanan) dalam pertandingan melawan Timnas Filipina pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB. (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebagai sebuah sejarah. 

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah menjadi runner-up Grup F di ronde kedua.

Kepastian tersebut didapatkan berkat kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina dengan skor 2-0 pada laga terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Dua gol tim asuhan Shin Tae-yong itu dicetak oleh Thom Haye di menit 31 dan Rizky Ridho menit ke-56.

Usai menyaksikan langsung laga tersebut di SUGBK, Jokowi yakin hasil yang diraih Tim Garuda ini membuat seluruh masyarakat bola senang.

"Ya saya kira seluruh masyarakat pecinta sepak bola senang semua karena lolos dan bisa masuk ke ronde 3 kualifikasi sistem FIFA yg baru," kata Jokowi. Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

"Ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem baru ini kita pertama masuk," imbuhnya.

Baca Juga: Hadir di GBK, Jokowi Ungkap Rasa Bangga Timnas Kalahkan Filipina dan Maju Babak 3 Kualifikasi Pildun

Selain lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, hasil ini juga membuat Indonesia memastikan tiket lolos langsung ke Piala Asia 2027.

Jokowi pun bersyukur dengan hasil yang diraih dan memuji seluruh pemain timnas yang dinilai menunjukkan performa baik.

"Ya semua kita syukuri yang lolos. Bisa masuk ke level yang lebih tinggi kita syukuri. Tapi saya melihat kerja keras usaha keras dari para pemain tadi luar biasa," ucap dia.

Adapun Indonesia menjadi salah satu dari 18 tim nasional negara-negara Asia yang lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zoa Asia.

Nantinya di babak ketiga itu, 18 tim tersebut akan dibagi ke tiga grup yang berisi 6 tim. Dua tim teratas dari tiap grup berhak lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat 3-4 akan melaju ke babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia untuk memperebutkan dua tiket langsung serta tiket play-off. 

Baca Juga: [FULL] Komentar Shin Tae-yong Usai Bawa Timnas Lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x