Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Kalah dari Irak, Erick Thohir Optimistis Hadapi Filipina

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 20:55 WIB
timnas-indonesia-kalah-dari-irak-erick-thohir-optimistis-hadapi-filipina
Striker Timnas Indonesia Rafael Struick (9) menggiring bola dan dibayangi ketat salah seorang pemain Timnas Irak pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Sumber: Kompas.tv/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV — Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 0-2 dari Irak dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/62024). 

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengakui bahwa timnas banyak melakukan kesalahan sendiri yang berujung pada kekalahan tersebut.

Ia pun meminta pemain Timnas Indonesia dan pelatih Shin Tae-yong untuk melakukan evaluasi sebelum melawan Filipina.

"Irak bermain baik, dan kita gagal meraih poin karena gol-gol handsball, serta kesalahan sendiri, lalu ada kartu merah. Oleh sebab itu, pelatih dan pemain harus evaluasi karena masih ada satu peluang saat nanti lawan Filipina," kata Erick.

Erick tetap optimistis bahwa Timnas Indonesia mampu mendulang tiga poin dalam pertandingan melawan Filipina yang akan datang. 

Namun ia menekankan pentingnya persiapan yang matang dan tidak meremehkan Filipina yang terus berbenah.

"Peluang lolos ke putaran ketiga memang masih ada. Lawan terakhir Filipina nanti tanggal 11 Juni. Mereka tidak seperti dulu dan juga potensi untuk memberi ancaman sebab kita hanya imbang 1-1 saat bermain tandang," tutur Erick. 

Baca Juga: Hasil Timnas Indonesia vs Irak, Skor 0-2: 10 Pemain Garuda Kalah di Kandang

"Saya yakin, Filipina yang sekarang berbeda dengan yang dahulu. Ketua Umum Filipina Football-nya baru, dan menyampaikan ingin seperti Indonesia. Jadi jangan melihat Filipina sebagai tim yang rendah."

"Jadi kembali harus evaluasi agar kita lolos ke babak berikut dengan meraih kemenangan," tegas Erick.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo juga memberikan pandangannya tentang pertandingan. 

"Kualitas permainan kita sudah seperti peringkat 50-60 dunia, kalau kata Pak Ketum belum, tapi kita harus optimis. Semoga saat bertemu Filipina nanti, kita bisa tampil maksimal," ucapnya.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawan Filipina pada 11 Juni 2024 yang akan kembali dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Pertandingan tersebut menjadi krusial bagi Indonesia untuk menjaga asa lolos ke putaran ketiga kualifikasi.

Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan poin 7 dari lima pertandingan. 

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Keok dari Irak: Turun Satu Tingkat


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x