Kompas TV olahraga sepak bola

Pelatih Irak Jagokan Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 19:23 WIB
pelatih-irak-jagokan-timnas-indonesia-lolos-ke-babak-selanjutnya-di-kualifikasi-piala-dunia-2026
Pelatih Irak Jesus Casas menilai gol kedua timnya ke gawang Indonesia di laga Grup D Piala Asia 2023 sah dan wasit membuat keputusan tepat. (Sumber: Facebook Iraq Football Association)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Irak Jesus Casas menjagokan Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (6/6/2024) dalam laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Irak saat ini duduk di puncak klasemen Grup F dengan poin 12, diikuti Indonesia di posisi kedua dengan 7 poin.

Meski sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya, Casas tetap menargetkan kemenangan kemenangan atas Indonesia.

"Saya pikir tim sudah bekerja keras selama kualifikasi ini. Indonesia adalah lawan yang sulit dan mereka tengah berjuang untuk lolos ke putaran selanjutnya dan ke Piala Asia 2027. Mereka akan bertanding di kandang dan akan bermain di hadapan suporter mereka," kata Casas dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu (5/6/2024).

"Kami berharap kami bisa menikmati pertandingan dan tetap memberikan permainan terbaik kami untuk memenangkan pertandingan," ujarnya.

Jelang menghadapi Timnas Indonesia, Irak mempunyai rekor bagus dengan meraih kemenangan di dua laga sebelumnya yaitu dengan skor 5-1 dan 3-1.

Namun menurut Casas, hal tersebut bukan jaminan karena situasi di tiap pertandingan berbeda-beda. Apalagi, kali ini Timnas Indonesia bermain di kandang sendiri dan akan didukung puluhan ribu suporternya.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae-yong Minta Pemain Enjoy dan Percaya Diri

"Saya pikir ini akan sangat berbeda. Tentu di Basra kami menang 5-1, dan itu saya pikir kami pantas layak mendapatkan kemenangan. Tapi di sini berbeda, yang mencetak gol dialah pemenangnya. Kami sangat percaya diri di pertandingan Basra, tapi setiap pertandingan akan sangat berbeda, termasuk di laga besok, tentu kami harus antisipasi," kata pelatih asal Spanyol itu.

"Kami harus membutuhkan keberuntungan untuk berbagai situasi, apalagi cuaca disini memiliki kelembaban yang tinggi, tapi kami harus hati-hati, kondisi tim berbeda dari dua tim, jadi kami harus melakukan rotasi sebaik mungkin di pertandingan, tapi jika kami memegang bola, kami harus mempertahankannya selama mungkin," jelasnya.

"Saya tentu percaya diri dengan tim saya, tapi setiap pertandingan tentu berbeda. Indonesia dengan skuad berbeda dan kami juga berbeda setiap pertandingan. Saya masih ingat mereka punya pemain dari Eropa dan mereka berkembang, tentu besok akan jadi pertandingan yang berbeda baik itu di Qtar atau Basra."

"Jika kami bersantai di lapangan, tentu kami akan kalah. Jadi kami akan fokus, kompetitif karnea Indonesia adalah tim yang sangat bagus," tuturnya.

Lebih lanjut, Casas juga mendukung Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Menurutnya, Indonesia punya peluang besar dan tinggal membutuhkan beberapa poin lagi untuk lolos.

"Saya pikir Indonesia punya peluang besar untuk lolos putaran selanjutnya dan ke Piala Asia. Mereka hanya butuh satu poin lagi dan bisa lolos ke putaran selanjutnya," kata Casas. 

Baca Juga: Erick Thohir dan Shin Tae-yong Pastikan Calvin Verdonk Bisa Main Saat Timnas Indonesia vs Filipina


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x