Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae-yong Minta Pemain Enjoy dan Percaya Diri

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 17:31 WIB
timnas-indonesia-vs-irak-shin-tae-yong-minta-pemain-enjoy-dan-percaya-diri
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama dengan pemainnya Jordi Amat foto bersama usai pre match conference kontra Irak di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024). (Sumber: Tribunnews/Abdul Majid)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta anak asuhnya untuk bermain enjoy dan percaya diri saat meladeni Irak di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti yang diketahui, duel Timnas Indonesia vs Irak akan tersaji di laga kelima putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Kamis (6/6/2024) besok.

Tim Garuda saat ini menempati posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan poin 7, di bawah Irak yang berada di puncak dengan poin sempurna 12.

Timnas Indonesia pun hanya butuh tambahan tiga angka lagi untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Namun, Shin Tae-yong tidak ingin membebani para pemain untuk meraih tiga angka ketika menghadapi Irak.

Meski menargetkan kemenangan, pelatih asal Korea Selatan itu lebih ingin Jordi Amat dan kawan-kawan untuk bermain percaya diri agar bisa mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia, tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan. Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri, mungkin saja bisa membawa hasil yang baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Rabu (5/6/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Irak, Erick Thohir Pastikan Rumput GBK dalam Kondisi Baik

"Memang beda jauh secara FIFA ranking tetapi saya tetap memotivasi para pemain agar bisa tampil percaya diri karena kami sudah kompak dan kami levelnya sudah semakin meningkat," ujarnya.

Selain itu, STY juga meminta pemain untuk menikmati pertandingan dan membuktikan diri bisa mengalahkan tim yang secara peringkat FIFA jauh di atas Indonesia.

"Jelas kita semakin baik secara performa. Memang sempat dibicarakan juga bahwa kita tidak ada yang tahu hasil pertandingan besok akan seperti apa. Namun, saya pikir ini ajang buat kita bisa membawa hasil yang baik," lanjutnya.

"Dari sekarang, para pemain harus enjoy dan menikmati saja pertandingan besok melawan Irak ketimbang takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa peringkat di FIFA ranking itu hanya sebatas angka, bukan yang lain," tegas Shin Tae-yong.

Adapjn laga Timnas Indonesia vs Irak ini akan kick-off pada Kamis besok pukul 16.00 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Setelah menghadapi Irak, Timnas Indonesia selanjutnya kembali bermain di SUGBK untuk menjamu Filipina pada 11 Juni 2024. 

Baca Juga: Proses Naturalisasi Calvin Verdonk, PKS Kritik Minimnya Kesempatan Pemain Lokal Tampil di Timnas


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x