Kompas TV olahraga sepak bola

Dua Pemain Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jay Idzes Belum Bisa Dimainkan Kontra Irak, Ini Kata STY

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 16:00 WIB
dua-pemain-naturalisasi-calvin-verdonk-dan-jay-idzes-belum-bisa-dimainkan-kontra-irak-ini-kata-sty
Foto Tim Indonesia kontra Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). Timnas Indonesia vs Irak pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan berlangsung Kamis (6/6) besok. (Sumber: KompasTV/Rizky Ade Saputro)
Penulis : Rizky Ade Saputro | Editor : Gading Persada

JAKARTA,KOMPAS.TV - Dua pemain naturalisasi Calvin Verdonk dan Jay Idzes diragukan tampil membela Timnas Indonesia saat menghadapi Irak pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024).

Laga Indonesia vs Irak akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Seperti diketahui, Calvin Verdonk resmi mendapat status Warga Negara Indonesia (WNI), Selasa (4/6) malam.  Dia akan membela Timnas Indonesia dan memperkaya lini belakang Skuad Garuda.

Kendati sudah mendapat status WNI, Calvin Verdonk belum dapat dimainkan kontra Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6).

Baca Juga: Jelang Laga Kontra Irak, Shin Tae-Yong Sebut Indonesia Sudah Ada Peningkatan Peringkat FIFA

Lantaran masih menunggu izin resmi FIFA terkait perubahan federasi sepak bola. Verdonk diketahui pernah memperkuat timnas yunior Belanda dan saat ini dengan statusnya sebagai WNI, bisa membela Timnas Indonesia.

Begitu pula dengan Jay Idzes. Pemain naturalisasi yang sukses mengantarkan Venezia promosi ke Serie A Italia itu diperkirakan baru di Tanah Air pada Rabu (5/6) siang ini. Praktis, sang pemain tidak punya persiapan panjang untuk laga besok. 

"Calvin Verdonk belum dapat dimainkan kontra Irak. Dia akan diturunkan pada laga berikutnya melawan Filipina (11/6/2024). Jay Idzes juga belum tahu kapan tiba di Indonesia. Dia harus tes kesehatan serta adaptasi cuaca Indonesia usai dari Italia, belum tahu dia bisa dimainkan atau tidak kontra Irak," tegas pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat konferensi pers jelang laga Indonesia vs Irak, Rabu (5/6).

Adapun bagi Timnas Indonesia harus memenangkan dua laga kandang melawan Irak dan Filipina guna menjaga asa lolos fase berikutnya.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia vs Irak, Erick Thohir Pastikan Rumput GBK dalam Kondisi Baik

Terkait rangking FIFA, kedua tim,  Irak dan Indonesia,  sangat jauh berbeda. Irak berada pada posisi 58. Sedangkan Indonesia berada di urutan 134.

Namun hal ini tak membuat Shin Tae-yong gentar menghadapi Irak. Bagi pelatih asal Korsel ini,  rangking FIFA hanyalah angka dan angka.

"Jelas tim Irak lebih kuat dari kita. Sudah saatnya kita bisa melawan mereka. Memang secara kualitas kita berbeda jauh, tetapi kita ada peningkatan ranking FIFA. Rangking FIFA hanyalah angka dan angka," tandas STY.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x