Kompas TV olahraga sepak bola

Calvin Verdonk Berpeluang Main Lawan Filipina, PSSI Ungkap AFC Belum Keluarkan Surat

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 14:11 WIB
calvin-verdonk-berpeluang-main-lawan-filipina-pssi-ungkap-afc-belum-keluarkan-surat
Calon pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, saat mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat pagi (31/5/2024). (Sumber: ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia berpeluang memainkan pemain naturalisasi, Calvin Verdonk dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026. Verdonk sendiri resmi menjadi WNI per Selasa (4/6/2024) dan telah didaftarkan ke FIFA.

Pemain kelahiran Belanda itu dipastikan absen saat skuad Merah Putih menghadapi Irak, Kamis (6/6/2024). Namun, Verdonk berpeluang bisa didaftarkan dalam laga Timnas Indonesia vs Filipina pada 11 Juni mendatang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku berterima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo dan DPR yang telah menyetujui naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven sebelum Timnas Indonesia memainkan laga kualifikasi.

Baca Juga: Erick Thohir Janji Bongkar-Bongkar Liga Indonesia Musim Depan: Masa Kalah dari Filipina? Keterlaluan

Meskipun demikian, Erick mengaku tidak tahu apakah Verdonk bisa dimainkan dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya, PSSI masih menunggu surat persetujuan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

"Kita sudah mendaftarkan (Verdonk) ke FIFA tadi malam. FIFA sudah mengeluarkan suratnya, tetapi untuk AFC sendiri, dia masih perlu proses. Kita tunggu, begitu," kata Erick di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

"Saya nggak tahu nanti tergantung approval AFC. Kalau (surat) FIFA-nya tadi malam sudah keluar."

Calvin Verdonk sendiri diproyeksikan dapat memperkuat lini belakang Timnas Indonesia. Lulusan akademi Feyenoord tersebut saat ini membela klub Eredivisie, NEC Nijmegen.

Di lain sisi, anak asuh Shin Tae-yong tinggal membutuhkan satu kemenangan untuk memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC.

Skuad Garuda saat ini menempati peringkat dua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua. Indonesia unggul empat poin dari Vietnam di peringkat ketiga dan terpaut lima poin dari pemuncak klasemen, Irak.

Baca Juga: Proses Naturalisasi Calvin Verdonk, PKS Kritik Minimnya Kesempatan Pemain Lokal Tampil di Timnas



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x