Kompas TV olahraga sepak bola

Setajam Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Penyerang India Ini Pensiun dari Tim Nasional

Kompas.tv - 17 Mei 2024, 10:00 WIB
setajam-lionel-messi-dan-cristiano-ronaldo-penyerang-india-ini-pensiun-dari-tim-nasional
Penyerang timnas India, Sunil Chhetri memutuskan pensiun dari sepak bola internasional. (Sumber: Telangana Today)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Penyerang sekaligus kapten timnas India Sunil Chhetri mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari tim nasional negaranya.

Pemain yang sempat merumput dengan Sporting Lisbon dan Kansas City Wizard itu disebut memiliki ketajaman seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Chhetri saar ini berada di peringkat ketiga top skorer timnas yang masih aktif, dengan torehan 94 gol bersama Timnas India.

Baca Juga: Jerman Umumkan Skuad untuk Euro 2024: Tak Ada Hummels, Gnabry, Brandt, hingga Adeyemi

Sedangkan peringkat teratas masih milik Cristiano Ronaldo yang mencetak 128 gol dengan Timnas Portugal, dan tempat kedua dimiliki Lionel Messi dengan 106 gol.

Chhetri menegaskan ia akan resmi pensiun membela Timnas India pada 6 Juni mendatang.

Pada video di media sosial X, penyerang berusia 39 tahun tersebut menegaskan laga melawan Kuwait di Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan menjadi laga terakhirnya.

“Satu pertandingan lagi, demi kami semua. Ayo menangkan pertandingan dan kita bisa berangkat dengan senang hati,” tuturnya dikutip dari BBC, Kamis (16/5/2024).

Dalam video tersebut, Chhetri juga mengenang titik tertinggi dan terendah dalam karier sepak bola internasionalnya yang membentang selama 19 tahun.

“Anak kecil di dalam diri saya mungkin akan terus berjuang dan bermain sepak bola, tetapi pemain yang dewasa dan berpikir panjang tahu bahwa ini adalah saatnya,” kata pemain yang saat ini membela klub Bengaluru itu.

“Ini tak akan mudah,” ujar pemain yang memulai kariernya bersama tim besar India Mohun Bagan.

Chhetri sudah bermain untuk Timnas India 19 kali, dan mencetak gol pertamanya pada laga debut di 2005.

Ia menjadi pemain sepak bola paling terkenal di India, baik secara nasional maupun internasional, mengingat negara itu lebih terkenal dengan permainan kriket.

Baca Juga: Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Irak dan Link Pembelian: Ada Paket Tiket Terusan Lawan Filipina

Di India, ia telah memenangkan sejumlah penghargaan sepak bola, termasuk Arjuna Award, penghargaan kedua tertinggi sepak bola.

Ia juga memangkan penghargaan Padma Shri, penghargaan tertinggi keempat untuk warga sipil.

Chhetri pun menjadi sedikit dari pemain India yang bermain di Eropa, setelah sebelumnya ada Baichung Bhutia, yang pernah bermain di Inggris bersama Bury FC, serta Subrata Pal yang pernah bermain di Denmark dengan Vstsjaelland. 


 

 



Sumber : BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x