Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Targetkan Dua Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 18:25 WIB
shin-tae-yong-targetkan-dua-kemenangan-di-kualifikasi-piala-dunia-2026
Pelatih Timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, menjawab pertanyaan wartawan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/5/2024). (Sumber: ANTARA/Donny Aditra)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menargetkan dua kemenangan dalam dua laga penutup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F.

Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni 2024, dengan kedua pertandingan digelar di kandang sendiri.

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan atau tiga poin dari dua laga tersebut untuk memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski demikian, Shin Tae-yong menegaskan timnya bertekad meraih kemenangan di kedua pertandingan melawan Irak dan Filipina.

Baca Juga: Shin Tae-yong Dapat Hadiah Mobil usai Bawa Timnas U23 Indonesia Cetak Sejarah di Piala Asia U23 2024

"Persiapan baik dan ada dua pertandingan di Juni nanti. Saya akan pesan kepada pemain untuk menang pada dua pertandingan," papar Shin di Jakarta, Selasa (14/5/2024), dikutip dari Antara.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga membahas peluang pemain naturalisasi seperti Calvin Verdonk (NEC Nijmegen), Jens Raven (FC Dordrecht), dan Maarten Paes (FC Dallas), bermain untuk memperkuat tim Garuda.

Dari ketiga pemain tersebut, baru Paes yang sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun, Paes masih menunggu keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) karena pernah membela Timnas Belanda U21.

"Jadi saya tidak bisa kasih jawaban pasti karena harus hati-hati. Memang sudah sumpah (Paes) tapi harus kita lihat nanti situasinya akhir Mei bagaimana," kata Shin. 

Baca Juga: Wow, Eks Penyerang Juventus Ditunjuk Jadi Pelatih Klub Promosi Liga 1 PSBS Biak

"Mohon doanya dari fans sepak bola Indonesia agar ketiganya bisa bermain di Juni nanti," imbuhnya.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan 7 poin, tertinggal 5 poin dari pemimpin klasemen Irak dan unggul 4 angka dari Vietnam di posisi ketiga.

Dalam dua laga tandang sebelumnya, Indonesia hanya meraih satu poin setelah kalah dari Irak (1-5) dan bermain imbang dengan Filipina (1-1).

Namun, Rizky Ridho dan kawan-kawan berhasil bangkit dengan meraih kemenangan dalam dua laga melawan Vietnam (1-0 dan 3-0) pada bulan Maret.

Kini, mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x