Kompas TV olahraga sepak bola

Ketum PSSI Sebut Banyak Pihak Terkejut dengan Pencapaian Timnas U23 Indonesia

Kompas.tv - 11 Mei 2024, 17:41 WIB
ketum-pssi-sebut-banyak-pihak-terkejut-dengan-pencapaian-timnas-u23-indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Ia mengaku bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia U23 meski gagal lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024. (Sumber: Tribunnews/Abdul Majid)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menyebut banyak pihak terkejut dengan pencapaian Timnas U23 Indonesia di Piala Asia U23 2024. 

Seperti diketahui, Garuda Muda arahan Shin Tae-yong mampu lolos hingga babak semifinal. Timnas U23 mengakhiri turnamen sebagai tim terbaik keempat di bawah juara Jepang, runner up Uzbekistan, dan peringkat ketiga Irak. 

Sebagai catatan, Piala Asia U23 2024 ini adalah penampilan debut Indonesia. 

Menurut Erick Thohir, pencapaian Timnas U23 tersebut adalah buah dari program-program baik yang dipadukan dengan talenta-talenta pemain terbaik. 

"Banyak yang terkejut dengan pencapaian timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024," kata Erick melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (11/5/2024).  

Baca Juga: Witan Sulaeman Ungkap Perasaannya Jadi Kapten Timnas U23 Indonesia di Laga Lawan Guinea

"Pencapaian ini diraih lewat program yang baik, keputusan berani, dan mental yang kuat."

"Jadi, sebelumnya dengan program yang matang, kami punya talenta terbaik saat ini. Menurut saya ini menjadi alasan performa mereka seperti saat ini."

"Ketika kami bisa menghadapi Argentina, kami bisa menghadapi siapa pun," pungkasnya.

Paling anyar, Timnas U23 nyaris lolos ke Olimpiade Paris 2024. Namun, Marselino Ferdinan dan kolega harus menerima kekalahan tipis 0-1 dari wakil Afrika, Guinea, di Stade Pierre Pibarot, Prancis, Kamis (9/5)

Gol tunggal Guinea dicetak oleh Ilaix Moriba pada menit ke-29 melalui titik penalti. 

Baca Juga: Piala Asia U23 2024 Usai, Ini Target Shin Tae-Yong Selanjutnya untuk Timnas Indonesia

Untuk selanjutnya, Timnas Indonesia diagendakan melakoni dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia melawan Irak dan Filipina pada Juni mendatang. 

Indonesia masih bertengger di posisi kedua Grup F dengan koleksi 7 poin dari 4 pertandingan. Garuda arahan Shin Tae-yong berpeluang besar lolos ke putaran ketiga andai mampu mengamankan satu kemenangan dari dua laga sisa. 


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x