Kompas TV olahraga sepak bola

Fokus Kualifikasi Piala Asia U23, Erick Thohir: Indonesia Tanpa Target di Piala AFF U23

Kompas.tv - 20 Juli 2023, 19:24 WIB
fokus-kualifikasi-piala-asia-u23-erick-thohir-indonesia-tanpa-target-di-piala-aff-u23
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan, Indonesia tanpa target ketika tampil di ajang AFF U23 Championship atau Piala AFF U23 yang bakal dilangsungkan di Thailand.

Erick Thohir menjelaskan, para pemain yang bakal tampil di ajang tersebut bukan merupakan tim inti.

Tim inti Timnas U23 Indonesia diprioritaskan untuk tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia U23 di Solo pada bulan September.

"AFF U23 Championship di Thailand tanggal 17-20 Agustus, (Indonesia) tanpa target," kata Erick Thohir dalam konferensi persnya, Kamis (20/7/2023).

"Kita akan mempersiapkan tim yang memang kita mau lakukan, untuk mengisi persiapan daripada U23 AFC Cup," jelasnya.

Meski begitu, Erick Thohir menuturkan, pemain yang tampil di Piala AFF U23 punya kesempatan untuk bermain di Kualifikasi Piala Asia U23 apabila dibutuhkan oleh Shin Tae-yong.

Selain itu, para pemain juga punya kesempatan untuk menggantikan apabila ada pemain inti yang mengalami cedera.

"Jadi bukan tim inti tetapi kita ingin menjadi sasana antara supaya mereka punya, tentu beradaptas, sehingga ada beberapa pemain bisa kita siapkan nanti," jelasnya.

Baca Juga: Ada Kualifikasi Piala Asia U23, Timnas Indonesia Hanya Lawan Turkmenistan di FIFA Matchday

"Termasuk Asian Games di Hangzhou, bulan September-Oktober, itu juga sama, sasana antara," katanya.

"Jadi sejak awal, kami memberanikan diri tidak mungkin memaksakan pemain kita, bermain di seluruh kompetisi dan mengharapkan maksimal, mereka juga manusia," imbuh Erick.

"Sasaran prioritas kita, saya sudah sampaikan, AFC U23 berkualifikasi. Nanti tahun depan, sebagai jendala untuk kualifikasi Olimpiade," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir juga sempat menyinggung persiapan Timnas Indonesia senior yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2024.

Marc Klok dan kawan-kawan dijadwalkan bakal menantang Turkmenistan di laga FIFA Matchday 2023 pada 8 September di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Lalu juga mempersiapkan tim nasional untuk World Cup qualifiers Oktober dan November. Kalau Oktober menang, (main lagi) November. Tapi ini juga tim inti dikirim untuk Piala Asia di Doha, Qatar," lanjutnya.

"Dan tentu targetnya, coach Shin Tae-yong sudah bilang, lolos dari grup. Tidak mudah ya. Itu ada Jepang, Vietnam dan Irak," pungkas Erick.

Pada Piala AFF U23 2023, Indonesia yang menempati pot ketiga usai absen di turnamen edisi sebelumnya tergabung di Grup B bersama Timor Leste dan Malaysia.

Sementara untuk Kualifikasi Piala Asia U23 2024, Garuda Muda berada di Grup K dan bakal bersaing dengan China Taipei dan Turkmenistan. 

Baca Juga: Persiapan Piala Dunia U17, Timnas U17 Indonesia Lakoni Uji Coba Lawan Korea Selatan




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x