Kompas TV olahraga sepak bola

Kronologi Kombes Pol Sumardji, Manajer Timnas U22 Indonesia Dibanting saat Kericuhan kontra Thailand

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 11:11 WIB
kronologi-kombes-pol-sumardji-manajer-timnas-u22-indonesia-dibanting-saat-kericuhan-kontra-thailand
Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji mengalami luka di bibir usai terlibat dalam insiden kericuhan dalam laga final sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thaialnd. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Final sepak bola SEA Games 2023 antara Timnas U22 Indonesia vs Thailand di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja Selasa (16/5/2023) malam sempat diwarnai kericuhan.

Adapun kedua tim sama-sama bermain dengan agresif. Bagaimana tidak laga ini merupakan langkah terakhir sebelum meraih medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola putra pada SEA Games 2023.

Kericuhan sempat terjadi dan mencapai puncaknya usai Irfan Jauhari mencetak gol ketiga untuk Indonesia pada menit ke-91 babak tambahan.

Ketika gol itu tercipta, kamera dengan cepat menyorot arah bench Indonesia, sejumlah pemain dan staf Timnas Indonesia tampak terlibat kericuhan dengan tim lawan.

Baca Juga: Pelatih Thailand Kecewa dengan Keributan Kontra Indonesia, Minta Maaf ke Indra Sjafri

Manajer Timnas U22 Indonesia, Kombes Pol Sumardji berada di tengah-tengah kekacauan tersebut.

Dalam upaya untuk meredakan situasi, Sumardji mendekati titik perkelahian dan berusaha menarik orang-orang yang terlibat.

Namun, upayanya berakhir dengan dirinya ditarik dan dibanting oleh salah satu ofisial dari tim Thailand. Hal itu membuat mantan Kapolresta Sidoarjo itu mengalami luka di bibir.


 

Meski demikian, Sumardji mengaku dirinya tidak merasa terganggu oleh insiden tersebut.

"Sebenarnya saya akan menahan, tapi justru saya yang kena. Saya tidak masalah. Ini bagian dari perjuangan," kata Kombes Sumardji, Selasa (16/5) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pelatih Thailand Issara Sritaro Buka Suara Setelah Kalah Lawan Indonesia di Final SEA Games 2023

Ketika ditanya apakah pihak ofisial Thailand meminta maaf setelah insiden tersebut, Sumardji menjelaskan bahwa tidak ada permintaan maaf dari mereka.

Sebaliknya, Sumardji yang justru meminta maaf kepada manajemen Timnas Thailand.

Pertandingan antara Indonesia dan Thailand berakhir dengan skor 5-2, dimenangkan oleh skuad Garuda Muda.

Kemenangan ini memiliki makna yang sangat penting karena berhasil meraih medali emas SEA Games pertama bagi tim sepak bola Indonesia setelah 32 tahun lamanya.

Baca Juga: Kata Media Asing soal Indonesia vs Thailand: Pertandingan yang Gila, Penantian 32 Tahun Berakhir!



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x