Kompas TV olahraga kompas sport

Poster Piala Dunia Qatar 2022 Dibuat Seniman Perempuan Bouthayna Al Muftah, Ini Maknanya

Kompas.tv - 19 Agustus 2022, 11:25 WIB
poster-piala-dunia-qatar-2022-dibuat-seniman-perempuan-bouthayna-al-muftah-ini-maknanya
Poster Piala Dunia 2022 di Qatar yang dirancang oleh seniman perempuan Bouthayna Al Muftah (Sumber:qfa.qa -)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Qatar terus mempersiapkan diri jelang perhelatan Piala Dunia 2022 pada November mendatang. Selain membangun stadion, mereka juga sudah mempersiapkan poster resmi yang diluncurkan pada acara yang digelar di Hamad International Airport pada Juni lalu.

Seri poster (ada tujuh poster yang dibuat) khusus perhelatan sepak bola terbesar sedunia ini dirancang oleh seniman grafis perempuan Bouthayna Al Muftah.

Salah satu yang sudah diluncurkan adalah poster dengan gambar kibaran penutup kepala tradisonal khas Qatar "Gutra" dan "Egal". Dalam poster dengan dominasi warna hitam tersebut, ada gambar bola kemudian sebuah kalimat "Hayya" yang merujuk pada ajakan dan semangat berkompetisi.

Menurut Bouthayna Al Muftah, ide dasar dalam membuat poster ini adalah kesadaran kolektif masyarakat Qatar.

“Lebih kepada fokus dalam bekerja menggali pengalaman masa lalu, memori, kemudian coba menghadirkan dalam cara kontemporer," kata Al Muftah dikutip dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA).

Baca Juga: Piala Dunia Qatar 2022: Misteri Gol Hantu Frank Lampard, Pemicu Teknologi Garis Gawang


Melalui serangkaian poster karyanya, Al Muftah berharap menghidupkan semangat dan cerita sepak bola Qatar yang membawa semangat persatuan sebagai keluarga.

Al Muftah ingin menunjukkan bahwa dalam setiap poster yang dia buat, ada perayaan dan kesenangan terhadap sepak bola di Qatar.

Simbol "Gutra" dan "Egal" yang dikibarkan, memperlihatkan semangat merayakan kemenangan, yang tercipta melalui gol-gol yang indah.

Di Qatar, para penonton akan bersorak sambil mengibarkan "Gutra" dan "Egal" bila gol tercipta.

Sementara Direktur Pemasaran FIFA, Jean-François Pathy, mengatakan, “Poster Resmi untuk Piala Dunia Qatar 2022 adalah cerminan atmosfer warisan seni dan sepak bola Qatar."

"Kami sangat bangga dengan rangkaian poster indah ini yang menggambarkan semangat Qatar untuk sepak bola dari seniman wanita lokal yang sangat berbakat,” katanya.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia 2022, Qatar Akan Jalani Operasi Transportasi Paling Rumit


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x