Kompas TV olahraga kompas sport

FIFA Rilis Platform Streaming Gratis FIFA+, Bakal Tayangkan 40 Ribu Pertandingan Langsung Tiap Tahun

Kompas.tv - 12 April 2022, 22:55 WIB
fifa-rilis-platform-streaming-gratis-fifa-bakal-tayangkan-40-ribu-pertandingan-langsung-tiap-tahun
FIFA meluncurkan platform streaming FIFA+ yang akan menayangkan 40.000 pertandingan langsung. (Sumber: fifa.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi sepak bola dunia, FIFA, masuk ke bisnis platform streaming layaknya Netflix dan Amazon Prime dengan merilis secara FIFA+.

Fifa+ dirilis secara gratis dan sebagian besar akan menampilkan konten film dokumenter serta akan menayangkan beberapa pertandingan langsung saat peluncuran.

Dalam pernyataannya, FIFA mengatakan mereka berencana untuk menayangkan 40.000 pertandingan per tahun dari enam konfederasi, termasuk 11.000 pertandingan sepak bola wanita.

Ada pula tayangan klasik berbagai pertandingan di Piala Dunia dengan total lebih 2.000 jam dari arsip yang dimiliki FIFA.

FIFA berencana akan menyediakan konten yang ada secara gratis namun tak menutup kemungkinan ada beberapa konten yang harus diakses dengan biaya langganan.

"Tidak ada rencana untuk membebankan biaya berlangganan untuk layanan ini," kata Direktur Strategi FIFA Charlie Burr dikutip dari Daily Mail, Selasa (12/4/2022).

"Tapi itu tidak berarti bahwa kami mungkin tidak berkembang dari waktu ke waktu jika ada proposisi nilai yang memungkinkan kami untuk membebankan biaya berlangganan apabila kita masuk ke hak premium atau mengadopsi model jenis lain," lanjutnya.

Baca Juga: Presidan FIFA Kirim Pesan kepada Vladimir Putin agar Berdamai dengan Ukraina

"Tetapi akan selalu ada pengalaman gratis di FIFA+," ucapnya.

Beberapa pertandingan resmi FIFA mungkin tidak akan bisa ditayangkan karena menyangkut hak siar.

Namun pertandingan-pertandingan dari kompetisi yang belum bisa ditayangkan secara langsung akan ditayangkan di FIFA+ dengan setidaknya ada 1.400 pertandingan tiap bulannya.

Selain pertandingan, FIFA+ juga menampilkan konten original mereka seperti dokumenter legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho.

Dengan adanya platform ini, FIFA kemungkinan tak lagi mengunggah konten mereka di YouTube dan akan memaksimalkan platform milik mereka sendiri.

FIFA+ akan tersedia dan bisa diakses melalui website dan perangkat seluler, serta di berbagai perangkat yang memiliki konektivitas. 

FIFA+ akan tersedia dalam lima jenis bahasa (Inggris, Prancis, Jerman, Portugis, dan Spanyol), dengan enam bahasa tambahan yang akan menyusul pada Juni 2022.  

Baca Juga: FIFA: Italia Tidak Mungkin ke Piala Dunia 2022 Qatar




Sumber : Daily Mail




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x