Kompas TV olahraga kompas sport

Siap Bela Timnas Indonesia, Elkan Baggott Resmi WNI dan Punya KTP

Kompas.tv - 9 November 2021, 23:32 WIB
siap-bela-timnas-indonesia-elkan-baggott-resmi-wni-dan-punya-ktp
Elkan Baggott menulis surat permohonan maaf kepada PSSI karena sempat menolak pemanggilan Timnas Indonesia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bek yang merumput di Inggris bersama Ipswich Town, Elkan Baggott, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan sudah punya kartu tanda penduduk (KTP).

Kepastian Elkan Baggott mendapat hak sebagai WNI dikonfirmasi langsung oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh.

"Benar yang bersangkutan (Elkan Baggott) adalah WNI," kata Zudan dikutip dari Kompas.com, Selasa (9/11/2021).

Dukcapil memastikan, kewarganegaraan Indonesia yang didapat Elkan Baggott bukan melalui naturalisasi. Pemain berusia 19 tahun itu menjadi WNI karena ibunya berkewarganegaraan Indonesia.

"Karena orang tuanya WNA (warga negara asing) dan WNI, maka dia bebas memilih untuk menjadi WNA atau memilih menjadi WNI," lanjut Zudan.

"Dalam hal ini, dia memilih menjadi WNI mengikuti Kartu Keluarga ibunya," tutur Zudan. 

Status WNI yang dimiliki Elkan ini juga mengakhiri dramanya dengan PSSI yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

Bek berpostur 196 cm tersebut bisa memilih tiga kewarganegaraan karena ia lahir di Thailand dari ayah Inggris dan ibu Indonesia.

Baca Juga: Tak Mendapat Izin Klub, Elkan Baggott Tak Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Saat Timnas U19 memulai TC di Eropa untuk persiapan Piala Dunia U20 2021 di Indonesia, Elkan bersedia tampil mengenakan jersey Merah Putih.

Namun setelah Piala Dunia U-20 2021 ditunda akibat pandemi, Elkan Baggott tampak enggan kembali untuk dipanggil Timnas Indonesia.

Pada bulan Juni lalu ketika Timnas Garuda tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Elkan tak menghadiri panggilan Shin Tae-yong dengan alasan tidak mendapatkan izin dari klub.




Sumber : KompasTV/Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x