Kompas TV olahraga kompas sport

Duo Manchester Bangun Skuad dengan Biaya Transfer Termahal di Eropa

Kompas.tv - 8 September 2021, 22:36 WIB
duo-manchester-bangun-skuad-dengan-biaya-transfer-termahal-di-eropa
Jack Grealish menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan Pep Guardiola ke Manchester City. (Sumber: Twitter @JackGrealish)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Manchester City dan Manchester United menjadi klub yang membangun skuad dengan biaya transfer termahal di Eropa. CIES Football Observatory melaporkan bahwa dua klub tersebut menghabiskan hampir semiliar pounds untuk membangun skuadnya saat ini.

Man City menjadi klub dengan skuad termahal, menghabiskan 1,08 miliar euro atau setara dengan Rp18,2 triliun demi Kevin De Bruyne dan kawan-kawan.

Awal musim ini, The Cityzens memecahkan rekor transfer mereka dengan mendatangkan Jack Grealish dari Ason Villa. Kontrak Grealish ditebus dengan harga sekitar 100 juta pounds atau sekitar Rp1,9 triliun.

Sementara itu, Man United tak ketinggalan membuat transfer mahal pada 2021-2022. Setan Merah mendatangkan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dengan harga awal hampir mencapai 80 juta pound atau setara Rp1,5 triliun.

United sendiri sebelumnya telah menggelontorkan dana besar untuk merekrut pemain seperti Harry Maguire dan Paul Pogba. Untuk mendapatkan skuad seperti sekarang, Man United tercatat telah menggelontorkan dana sebesar 1,02 miliar euro atau sekitar Rp17,2 triliun.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Pecahkan Rekor Penjualan Jersey Manchester United

Sementara itu, Paris Saint-Germain menjadi klub ketiga yang paling royal dalam hal pembangunan skuad. Les Parisiens tercatat menghabiskan 939 juta euro atau sekitar Rp15,8 triliun untuk mengumpulkan pemain. Jumlah itu sebagian besar dihabiskan PSG pada musim-musim lalu, di antaranya untuk merekrut Neymar dan Kylian Mbappe.

Musim ini, meskipun tidak menggelontorkan dana besar-besaran, PSG mendapatkan sejumlah nama mentereng dengan status bebas transfer. Di antaranya adalah Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, serta Sergio Ramos.

Di bawah PSG, Real Madrid (787 juta euro atau Rp13,2 triliun), Chelsea (780 juta euro atau Rp13,1 triliun), dan Liverpool (672 juta euro atau Rp11,3 triliun) menempati peringkat empat hingga enam. Sementara peringkat tujuh hingga 10 diisi oleh Juventus (657 juta euro atau Rp11 triliun), Arsenal (630 juta euro atau Rp10,6 triliun), Barcelona (578 juta euro atau Rp9,7 triliun), serta Tottenham Hotspur (551 juta euro atau Rp9,2 triliun).

Ditinjau dari segi liga, klub-klub Liga Inggris membangun skuad musim 2021-2022 dengan biaya transfer termahal. Liga Inggris tercatat menghabiskan lebih dari tujuh miliar pound, jauh lebih banyak dari liga lain.

Empat liga top Eropa yang lain, yakni Serie A (2,9 miliar pound atau Rp56 triliun), La Liga (2,8 miliar pound atau Rp54,9 triliun), Ligue 1 (2,3 miliar pound atau Rp45 triliun), serta Bundesliga (2 miliar pound atau Rp39 triliun) mencatatkan biaya transfer tak sampai setengah Liga Inggris.

Baca Juga: Kejutan Bursa Transfer: Antoine Griezmann Pulang ke Atletico Madrid, Chelsea Gaet Saul Niguez

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x