Kompas TV nasional sosial

Jusuf Kalla Anjurkan Shalat Idul Adha di Lapangan Terbuka, Bisa Cegah Penularan Covid-19

Kompas.tv - 30 Juli 2020, 14:45 WIB
jusuf-kalla-anjurkan-shalat-idul-adha-di-lapangan-terbuka-bisa-cegah-penularan-covid-19
Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (Sumber: Dok DMI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shalat Idul Adha yang digelar di lapangan terbuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Demikian anjuran yang disampaikan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriyah yang jatuh pada Jumat besok, 31 Juli 2020.

Baca Juga: Jokowi Bersama Keluarga Akan Shalat Idul Adha di Istana Bogor

"Lapangan memang sering dianjurkan karena Covid itu lebih mudah teratasi di lapangan terbuka dibanding yang tertutup asal dipenuhi syarat-syarat kesehatan," ujar Jusuf Kalla yang akrab disapa Pak JK, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020).

JK mengatakan, apabila shalat Idul Adha akan digelar di masjid, protokol kesehatan wajib dijalankan. 

Ia mengaku telah meminta 800.000 masjid di Indonesia yang hendak menggelar shalat Idul Adha untuk menerapkan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah. 

Menjaga jarak, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer serta memakai masker mutlak dilakukan jemaah shalat Idul Adha. 

"Itu semua kemutlakan apabila kita ingin selamat tetap beribadah dengan baik, tetap bertemu dengan teman-teman seluruh keluarga," ucapnya. 

Kalla pun mengimbau supaya masjid dan lapangan yang hendak dijadikan tempat shalat Idul Adha didisinfeksi pada pagi hari. 

Siangnya, masjid kembali didisinfeksi karena akan digunakan untuk pelaksanaan shalat Jumat. 

Baca Juga: PBNU Imbau Umat Islam yang Tinggal di Zona Merah Covid-19 Shalat Idul Adha di Rumah

"Itu adalah cara kita untuk melaksanakan ibadah dengan baik, untuk menjaga jemaah kita agar tetap dalam keadaan selamat dan keadaan baik," ujarnya. 

JK menambahkan, dirinya telah meminta para pengurus masjid di Indonesia untuk menyampaikan seruan mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 lima kali sehari setelah shalat 5 waktu. 

Melalui pengeras suara yang ada di tiap masjid, pengurus diharapkan dapat menggaungkan pentingnya menjaga jarak, disiplin memakai masker, dan rajin mencuci tangan.

Karena hal itu penting untuk dijadikan kebiasaan di masyarakat luas.

"Disiplin untuk menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan itu akan menyelamatkan banyak pihak, jemaah dan kita semua. Karena itulah dalam semangat pengorbanan Idul Adha ini sekali lagi saya harapkan kedisiplinan kita semuanya," kata Jusuf Kalla, menegaskan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x