Kompas TV nasional berita kompas tv

Potret Genangan Air dan Banjir Merendam Jalan Utama Jakarta

Kompas.tv - 24 Januari 2020, 17:25 WIB
potret-genangan-air-dan-banjir-merendam-jalan-utama-jakarta
Banjir melanda kawasan Kemayoran, dekat Apartemen Mediterania, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020). (Sumber: Twitter/TMCPolda Metro Jaya)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hujan disertai petir dan angin kencang di DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah Ibu Kota tergenang air dan banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 54 titik genangan air di lima wilayah Ibu Kota.

Ketinggian air mulai dari 30 cm hingga 70 cm. Genangan tertinggi terjadi di Jatinegara. Sementara Jakarta Utara merupakan daerah dengan titik genangan air terbanyak, yakni 28 titik.

Berikut sejumlah potret genangan air dan banjir yang merendam jalan utama Jakarta yang terjadi pada Jumat (24/1/2020) siang.


Jakarta Pusat

Genangan air setinggi 30 cm merendam Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (24/1/2020). (Sumber: Kompas.com/Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)

Siang tadi, Jalan Medan Merdeka Barat tergenang air dengan ketinggian 20-30 cm. Genangan terjadi dari depan Taman Pandang hingga 50 meter kearah Monas. 

Akibat genangan air, pengguna jalan dari arah Harmoni menuju Patung Kuda Arjuna Wiwaha harus menurunkan laju kendaraan. Kendaraan roda dua memilih berjalan di bagian bahu jalan yang lebih tinggi di sebelah kiri untuk menghindari genangan.

Genangan air setinggi 20 - 30 cm menutup jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020). (Sumber: Twitter TMC Polda Metro Jaya)

Genangan air di depan Istana Negara ini berangsur surut seiring rendahnya intensitas hujan di wilayah Jakarta Pusat.

 

Jakarta Timur 

Pengendara sepeda motor saat mengangkat kendaraannya dari sisi kiri melewati separator Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (24/1/2020). (Sumber: Tribun Jakarta/Bima Putra)

Di Jakarta Timur banjir dengan ketinggian sekitar 60 cm di Jalan DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur, membuat sejumlah sepeda motor mogok. Para pengendara roda dua hanya bisa melaju di bahu kanan jalan yang ketinggian air berkisar 30 cm. 

Genangan air setinggi 30-35 cm menutup jalan utama Jakarta di Cempaka Putih. Jalur lambat dan cepat Jalan Letjend Suprapto, Cempaka Putih sepanjang 200 meter menuju simpang lima Pasar Senen, Jakarta Pusat terendam air. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melalui Twitter @TMC Polda Metro Jaya mengigatkan penguna jalan yang ingin melintas kawasan tersebut untuk berhati-hati. @TMC Polda Metro Jaya memberi peringatan adanya genangan pada siang tadi dan kini genangan air berangsur surut.  


Jakarta Utara 

Jalan Raya Gading Kirana, Jakarta Utara tergenang, Jumat (24/1/2020). (Sumber: KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR)

Air juga mengenangi Jalan Gunung Sahari di dekat ITC Mangga Dua Square namun petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara menurunkan lima unit pompa untuk menyedot genangan. Pada pukul 14.33 WIB, kendaraan roda dua dan empat sudah bisa melintasi jalan tersebut.

Masih di Jakarta Utara, ketinggian air di jalan Yos Sudarso tepatnya di depan PT Astra mencapai 50-60 cm. Ditlantas) Polda Metro Jaya mengimbau kendaraan sedan tidak melintas jalur tersebut. Imbauan ini dikicaukan pada 12.57 WIB.

Untuk Wilayah Pluit, Jakarta Utara ketinggian air mencapai 30 - 60 cm. Mobil jenis sedan dan kendaraan roda dua disarankan tidak melewati kawasan tersebut.

Sekolah Yappenda, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Sumber: KompasTV)

Selain jalan, genangan air membanjiri sekolah Yappenda, Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kegiatan belajar mengajar pun terpaksa dihentikan, para siswa dan siswi dipulangkan lebih dulu karena dikhawatirkan ketinggian air semakin meningkat. Adapun ketinggian air di kawasan ini, mencapai 30 cm.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x