Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua MPR RI Imbau Swasta Bantu Pemerintah Wujudkan Pembangunan 3 Juta Rumah Per Tahun

Kompas.tv - 24 Oktober 2024, 13:06 WIB
wakil-ketua-mpr-ri-imbau-swasta-bantu-pemerintah-wujudkan-pembangunan-3-juta-rumah-per-tahun
Wakil Ketua MPR RI Fraksi Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas mengimbau kepada seluruh pihak untuk mendukung pembangunan 3 juta rumah per tahun. Sebab, proyek tersebut bisa terwujud bila sektor swasta ikut membantu pemerintah dalam mengerjakan pembangunannya. 

"Tentu perlu persatuan dari semua pengusaha, tidak hanya skala nasional, tapi juga yang ada di daerah," kata Ibas dalam keterangannya, Kamis (24/10/2024). 

Menurut dia, program Presiden Prabowo Subianto akan memberikan dampak positif bagi perekonomian di daerah. 

Baca Juga: Kata Wamen Perumahan Fahri Hamzah Soal Target Prabowo Bangun 3 Juta Rumah per Tahun

"Program perumahan yang akan dikembangkan Presiden Prabowo dan kementerian terkait mulai, 3 juta (setahun) hingga 15 juta 5 tahun, 30 juta hingga 10 tahun, itu bisa memberikan multiplier effects kepada masyarakat yang ada di daerah-daerah. Termasuk dari sisi penerimaan lapangan pekerjaan," ujarnya. 

Politikus Partai Demokrat itu optimistis pemerintahan Prabowo bisa membawa Indonesia jadi lebih baik. 

Selain itu, kata dia, bila ekonomi bergerak, masyakarat dan dunia usaha pun juga ikut memberikan kontribusi dalam hal tersebut. Ibas yakin hal ini akan selaras dengan yang dipikirkan oleh para pengusaha di Indonesia.

"Yang pasti kami perlu peluang, juga keadilan dan perizinan yang lebih mudah. Pengusaha yang diperhatikan tidak hanyak yang berskala besar, tapi juga hingga ke pengusaha UMKM," kata Ibas.

Sebelumnya, Anggota Satuan Tugas (Satgas) Perumahan, Boni Minnang mengemukakan, Presiden Prabowo memiliki target besar mengatasi kemiskinan, salah satunya dengan program perumahan. Kepemilikan rumah ataupun tempat tinggal bagi masyarakat miskin dinilai merupakan salah satu cara mengentaskan masyarakat dari kemiskinan.

Saat ini, Satgas Perumahan yang diketuai Hashim Djojohadikusumo menyiapkan sepuluh rekomendasi program di sektor perumahan yang akan disampaikan kepada Presiden Prabowo. Wakil Menteri Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Fahri Hamzah saat ini tercatat sebagai anggota Satgas Perumahan.

Baca Juga: Rumah Inspirasi Dapat Penghargaan Dari Polda Jabar

”Keinginan Presiden adalah memenuhi kebutuhan papan bagi masyarakat miskin, yakni rumah tinggal layak huni. Kalau punya rumah, mereka tidak akan miskin lagi karena sudah punya aset,” ujar Boni, Selasa (22/10/2024), seperti dikutip dari Kompas.id.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x