Kompas TV nasional politik

Pimpin Sidang Kabinet Perdana, Prabowo: Kabinet Merah Putih Simbol Persatuan, Simbol Kebangsaan

Kompas.tv - 23 Oktober 2024, 17:06 WIB
pimpin-sidang-kabinet-perdana-prabowo-kabinet-merah-putih-simbol-persatuan-simbol-kebangsaan
Presiden Prabowo Subianto memimpin sidang Kabinet Paripurna perdana, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Prabowo Subianto memimpin sidang Kabinet Paripurna perdana, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2024) siang.

Sidang kabinet tersebut dihadiri Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta diikuti para menteri, wakil menteri (Wamen) dan para Ketua Badan di Kabinet Merah Putih.

"Sekarang saya kira adalah sesuatu momen bersejarah ini adalah Sidang Kabinet Paripurna pertama yang saya pimpin," kata Prabowo, Rabu, dipantau dari Breaking News KompasTV.

Lebih lanjut ia pun mengungkapkan makna dari nama Kabinet di pemerintahannya bersama Gibran.

Menurut penjelasannya, Kabinet Merah Putih merupakan simbol dari persatuan dan kebangsaan.

"Kabinet yang kita sepakati kita beri nama Kabinet Merah Putih untuk menjadi suatu simbol persatuan, simbol kebersamaan, simbol kebangsaan," ujarnya.

Baca Juga: Kata Menko AHY dan Cak Imin Jelang Sidang Kabinet Paripurna Perdana Presiden Prabowo Subianto

Ia pun menekankan pentingnya persatuan kepada para anggota Kabinet Merah Putih yang hadir.

"Saya terus menerus sudah beberapa tahun ini, maju ke hadapan rakyat Indonesia kepada semua pemimpin politik, pemimpin masyarakat, pemimpin agama, pemimpin pengusaha, saya terus menerus menekankan pentingnya persatuan," tegasnya.

Prabowo pun mengatakan, sumber kunci keberhasilan kebangkitan suatu bangsa dalam sejarah manusia berabad abad adalah apabila elitnya bisa kerjasama dan bersatu.

"Persatuan ini artinya adalah kita bisa sepakati mana adalah kepentingan nasional yang ini, mana adalah kepentingan nasional yang vital bagi kelangsungan hidup bangaa kita," jelas mantan menteri pertahanan (Menhan).

Diberitakan sebelumnya, Prabowo-Gibran resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, pada Minggu (20/10).

Pelantikan Prabowo-Gibran berlandaskan pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. 

Baca Juga: Presiden Prabowo Subianto Akan Beri Arahan pada Menteri dalam Sidang Kabinet Paripurna Perdana

 


 

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x