Kompas TV nasional politik

Jadi Ketua Komisi IV DPR, Titiek Soeharto Bakal Percepat Swasembada Pangan

Kompas.tv - 22 Oktober 2024, 23:54 WIB
jadi-ketua-komisi-iv-dpr-titiek-soeharto-bakal-percepat-swasembada-pangan
Ketua Komisi IV DPR RI Siti Hediati Soeharto alias Titiek Soeharto saat memberikan keterangan pers, Selasa (22/10/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Siti Hediati Soeharto alias Titiek Soeharto terpilih menjadi Ketua Komisi IV DPR RI.

Titiek menekankan, bakal mempercepat pencapaian target swasembada pangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Guna mencapai hal itu, salah satu upaya yang akan dilakukannya yakni meningkatkan kerja sama dengan mitra kerja Komisi yang dipimpinnya.

"Tentunya kita akan meningkatkan kerja sama kita dengan mitra-mitra kerja kita, terutama dalam meningkatkan misi kita, meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan mempercepat ketahanan pangan ini, swasembada pangan," kata Titiek di di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Pencapaian swasembada pangan dalam waktu dekat pun selaras dengan cita-cita Presiden Prabowo Subianto.

"Yang penting kita harus bagaimana mempercepat swasembada pangan. Kayak kemarin bapak presiden sudah mencanangkan bahwa kita harus swasembada dalam jangka waktu empat tahun," ujarnya.

Ia juga akan mengupayakan fungsi di DPR agar ke depannya Badan Urusan Logistik (Bulog) yang merupakan salah satu mitra Kompisi IV bisa bekerja lebih maksimal.

"Agar fungsi Bulog kita maksimalkan, jangan nanti pas panen malah impor beras," tegasnya.

Baca Juga: Titiek Soeharto Pimpin Komisi IV DPR RI

Selain itu, mantan istri Prabowo tersebut mengaku akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah dan pengawasan terhadap mitra Komisi IV DPR.

"Pengawasan-pengawasannya kita tingkatkan lagi agar anggaran yang kita setujui ini digunakan dengan sebaik-baiknya, tepat sasaran," jelasnya.

Sebagai informasi, Komisi IV menaungi urusan terkait pertanian, kehutanan, dan kelautan.

Komisi tersebut memiliki tujuh mitra kerja, yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Urusan Logistik (Bulog).

Kemudian, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Badan Pangan Nasional (Bapanas), dan Badan Karantina Indonesia.

Dalam memimpin Komisi IV ini, Titiek didampingi empat wakil ketua, yakni Alex Indra Lukman dari PDI-P, Panggah Susanto dari Partai Golkar, Abdul Kharis dari PKS, dan Ahmad Yohan dari PAN.

Baca Juga: DPR Sahkan Ruang Lingkup dan Mitra Kerja 13 Komisi, Ini Daftar Lengkapnya




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x