Kompas TV nasional peristiwa

Menlu Sugiono Pulang Kampung sebelum Bertolak ke Rusia, Bertugas Hadiri KTT BRICS

Kompas.tv - 22 Oktober 2024, 19:09 WIB
menlu-sugiono-pulang-kampung-sebelum-bertolak-ke-rusia-bertugas-hadiri-ktt-brics
Menteri Luar Negeri RI Sugiono saat tiba di Bandara SIM As Besar dan disambut Plt Sekda Aceh, M Diwarsyah, Selasa (22/10/2024) (Sumber: Humas Pemprov Aceh via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono menyempatkan diri pulang kampung ke Aceh sebelum berangkat ke Rusia, Selasa (22/10/2024). Menlu Sugiono akan mewakili Indonesia di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS yang diselenggarakan di Kazan, Rusia pada 22-24 Oktober 2024.

Sugiono mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar dan disambut pejabat setempat.

Kedatangan politikus Partai Gerindra ini disambut oleh Plt. Sekda Aceh Muhammad Diwarsyah dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Akkar Arafat.

Baca Juga: Profil Lengkap Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Sugiono berkelakar bahwa dirinya awalnya ingin transit saja di Aceh. Namun, karena ada penyambutan, Aceh pun menjadi kunjungan pertamanya sebagai Menteri Luar Negeri RI.

"Terima kasih sekali. Tadinya hanya rencana transit saja, malah disambut di sini. Jadinya kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Indonesia, ya ke kampung sendiri di Aceh," kata Sugiono dikutip Antara.

Menlu Sugiono diketahui lahir di Takengon, Aceh pada Februari 1979 silam. Sugiono kemudian merantau ke Jawa dan menjadi tentara sebelum bergabung ke Partai Gerindra.

Dua hari usai ditunjuk menjadi menteri, Sugiono dilaporkan ditugasi Presiden Prabowo Subianto untuk menghadiri KTT BRICS di Rusia. Delegasi Indonesia di KTT BRICS akan dipimpin Sugiono beserta Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu RI Tri Tharyat.

KTT BRICS ke-16 di Rusia akan dihadiri oleh perwakilan seluruh negara anggota serta undangan dari Arab Saudi, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. 

Baca Juga: Menlu Retno Ungkap Indonesia Diajak Gabung BRICS: Keputusan Ada pada Pak Prabowo


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x