Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Ringan Senin 21 Oktober, Ini Daftarnya

Kompas.tv - 21 Oktober 2024, 07:11 WIB
bmkg-sebagian-besar-wilayah-indonesia-berpotensi-hujan-ringan-senin-21-oktober-ini-daftarnya
Ilustrasi hujan (Sumber: VUNG NGUYEN on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk hari Senin (21/10/2024) yang menunjukkan potensi hujan ringan di sebagian besar wilayah Indonesia. Berikut prakiraan di sejumlah wilayah Indonesia menurut prakirawan BMKG, Idhan Abubakar.

Untuk wilayah Sumatera, beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, dan Medan diperkirakan akan mengalami cuaca berawan hingga berawan tebal.

Sementara itu, Tanjung Pinang, Palembang, dan Pangkal Pinang diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas ringan. Kota-kota lain di Sumatera seperti Jambi, Bengkulu, dan Lampung diperkirakan akan mengalami cuaca berawan tebal.

Beralih ke Pulau Jawa, beberapa kota besar termasuk Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya juga diprediksi akan mengalami hujan ringan.

Kondisi serupa juga diperkirakan terjadi di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Kota Denpasar dan Kupang diprediksi akan mengalami cuaca berawan hingga berawan tebal, sedangkan Mataram diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Di wilayah Kalimantan, BMKG memperkirakan Palangka Raya dan Banjarmasin akan mengalami hujan ringan. Namun, masyarakat di Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda diimbau untuk waspada terhadap potensi hujan disertai petir atau kilat.

Untuk wilayah Sulawesi, prakiraan cuaca bervariasi. Manado dan Kendari diprediksi akan mengalami cuaca berawan hingga berawan tebal.

Gorontalo dan Makassar diperkirakan akan mengalami hujan ringan, sementara Mamuju dan Palu diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah timur Indonesia, yakni Maluku dan Papua, cuaca juga beragam. Ternate dan Merauke diprediksi akan cerah berawan hingga berawan.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Senin 21 Oktober: 6 Wilayah Waspada Gelombang Tinggi




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x