Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Tunjuk Sugiono Jadi Menteri Luar Negeri: Bukan dari Kalangan Diplomat, tapi Militer

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 22:17 WIB
prabowo-tunjuk-sugiono-jadi-menteri-luar-negeri-bukan-dari-kalangan-diplomat-tapi-militer
Menteri Luar Negeri RI Sugiono saat dipanggil Prabowo Subianto dalam pengumuman kabinet di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Prabowo Subianto resmi menunjuk kader Partai Gerindra, Sugiono sebagai Menteri Luar Negeri RI periode 2024-2029. Penunjukan Sugiono disampaikan Prabowo saat mengumumkan susunan kabinetnya di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam.

"Setelah saya dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024, malam harinya saya akan umumkan kabinet pemerintah Republik Indonesia periode tahun 2024-2029. Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih," kata Prabowo saat pengumuman kabinet.

Penunjukan Sugiono mematahkan tren pemerintah RI pasca-Reformasi yang selalu menunjuk diplomat di pos menteri luar negeri. 

Baca Juga: Politik Luar Negeri Prabowo: Seribu Kawan Terlalu Sedikit, Satu Lawan Terlalu Banyak

Pria berusia 45 tahun ini lebih dikenal sebagai politikus dengan latar belakang militer. Sugiono pernah berdinas di TNI Angkatan Darat sebelum terjun ke politik dan bergabung ke Partai Gerindra yang didirikan Prabowo.

Sugiono tercatat dididik menjadi militer sejak remaja dengan memasuki SMA Taruna Nusantara Magelang, kemudian Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI. Sugiono pun tercatat mengambil gelar sarjana di Universitas Norwich dan magister di Universitas Konstanz (Jerman).

Sebagai politikus, kiprah pria kelahiran Takengon, Aceh ini berkembang hingga menjadi Wakil Ketua Umum sekaligus Wakil Ketua Harian DPP Partai Gerindra periode 2020-2025. Sugiono pun menjadi Ketua Fraksi Gerindra di MPR pada 2021-2024.

Menurut keterangan di laman resmi fraksi Partai Gerindra di DPR, Sugiono digadang-gadang sebagai "anak ideologis" Prabowo Subianto.

"Di mata para kader Gerindra, Sugiono dinilai memiliki banyak kesamaan dengan Prabowo Subianto. Selain dikenal cerdas, juga cermat dalam menanggapi persoalan dan tegas dalam bersikap," demikian keterangan di laman fraksi Partai Gerindra tersebut.

Baca Juga: Profil Lengkap Sugiono, Menteri Luar Negeri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x