Kompas TV nasional humaniora

Presiden Prabowo Subianto Sampaikan Apresiasi kepada Para Pahlawan dan Presiden Terdahulu

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 23:30 WIB
presiden-prabowo-subianto-sampaikan-apresiasi-kepada-para-pahlawan-dan-presiden-terdahulu
Presiden RI Prabowo Subianto bersama pendahulunya, Joko Widodo saat upacara pelantikan di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Sumber: Tatan Syuflana/Associated Press)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Prabowo Subianto memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para pahlawan dan pemimpin bangsa terdahulu yang telah berjasa membangun Indonesia. 

Apresiasi tersebut disampaikan dalam pidato pertamanya usai Pengucapan Sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2024-2029, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

“Kita menjadi bangsa yang harus berterima kasih pada generasi pembebas, kepada Bung Karno, Bung Hatta, pahlawan-pahlawan yang lain I Gusti Ngurah Rai, Kapitan Pattimura, Sultan Hasanuddin, Teuku Umar, Cut Nyak Dien, semua pahlawan yang tidak bisa kita sebut satu per satu, tapi mereka yang membayar saham kemerdekaan dengan darah dan air mata mereka,” ujar Presiden Prabowo.

Presiden Prabowo juga memberikan penghormatan khusus kepada Bung Karno, proklamator dan Presiden pertama Indonesia, yang telah memberikan dasar negara Pancasila. 

Baca Juga: Suasana Malam Iring-iringan Jokowi Disambut Warga Pulang Kampung

Kepada Presiden Soeharto, Presiden Prabowo mengatakan bahwa Presiden Soeharto telah menyelematkan dan mengamankan ideologi Pancasila serta meletakkan dasar bagi Indonesia modern.

Selain itu, Presiden Prabowo turut menyoroti kontribusi Presiden B.J. Habibie dalam membawa Indonesia ke era teknologi dan pengetahuan, serta Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan inklusivitas di Indonesia.

Presiden Prabowo tidak lupa mengapresiasi peran Presiden Megawati Soekarnoputri dalam mengatasi krisis ekonomi pasca krisis tahun 1998, serta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berhasil memimpin Indonesia melalui krisis dan bencana besar seperti tsunami, serta menyelesaikan konflik di Aceh.

“Mereka semua, dengan cara masing-masing, memiliki sumbangsih yang besar terhadap apa yang sekarang kita nikmati: Negara kesatuan yang utuh, yang berdaulat, yang merdeka, yang terus menjaga dan berjuang untuk kemerdekaan dan keadilan,” ungkap Presiden Prabowo.

Secara khusus, Presiden Prabowo juga memberikan penghormatan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang baru saja menyelesaikan masa jabatan mereka. Presiden Prabowo memuji kepemimpinan Presiden Jokowi yang berhasil menavigasi Indonesia melalui krisis-krisis berat, termasuk pandemi COVID-19.

“Terima kasih Pak Jokowi, terima kasih Profesor Ma’ruf Amin. Anda telah berjasa, Anda akan dikenang sebagai putra Indonesia yang termasuk terbaik,” ucap Presiden Prabowo.

Di akhir pidatonya, Presiden Prabowo menyerukan agar seluruh elemen bangsa bersatu dan menghentikan permusuhan demi kemajuan Indonesia. Ia juga menegaskan kesiapannya untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dan bekerja keras menuju Indonesia emas, menjadi bangsa yang kuat, merdeka, dan makmur, tanpa mengganggu atau terganggu oleh bangsa lain.

“Semoga Tuhan Yang Maha Besar Allah Swt. yang memiliki sekalian alam semoga melindungi kita semua. Semoga menyertai kita semua dalam perjalanan kita, dalam pengabdian kita kepada bangsa negara kita,” tutur Presiden Prabowo.

Baca Juga: Pesan Prabowo untuk Tidak Korupsi ke Calon Menteri, Ini Kata Budi Arie


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x