Kompas TV nasional politik

Pakar: Prabowo Harus Buktikan Menteri Pilihannya Berkinerja Baik, Terlepas dari Menteri Era Jokowi

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 17:50 WIB
pakar-prabowo-harus-buktikan-menteri-pilihannya-berkinerja-baik-terlepas-dari-menteri-era-jokowi
Presiden  Prabowo Subianto dan Wakil Presiden  Gibran Rakabuming Raka bersama para calon menteri dalam acara pembekalan di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pakar Komunikasi Politik LSPR Lely Arriane menyatakan, Presiden Prabowo Subianto harus bisa menunjukkan menteri-menteri pilihannya bisa bekerja dengan baik, terlepas ada sejumlah nama yang menjabat sebagai menteri di era Joko Widodo (Jokowi).

Dalam program Breaking News Kompas TV, Lely menjelaskan saat pertama kali menjabat sebagai presiden, Jokowi sangat percaya diri dalam memilih para menterinya dan terbukti mereka mampu bekerja dengan baik di pos masing-masing. Hal serupa harus bisa dilakukan Prabowo saat ini.

“Ketika Pak Jokowi pertama kali menjadi presiden, Pak Jokowi kan punya rasa percaya diri yang sangat tinggi sehingga dia sebagai presiden lalu dia memilih menterinya dan kemudian menterinya itu mampu membuktikan kalau mereka bisa kerja,” kata Lely saat berdiskusi dengan Presenter Nitia Anisa, Minggu (20/10/2024).

Baca Juga: Prabowo Antar Jokowi ke Halim untuk Terbang ke Solo, Pengamat: Penghormatan Terakhir yang Luar Biasa

“Nah Prabowo juga harus bisa membuktikan bahwa menteri-menteri yang ia pilih sendiri nanti bisa bekerja dengan baik,” tambahnya.

Seperti diketahui, ada sejumlah nama menteri di era Jokowi yang kembali dipanggil untuk membantu Prabowo-Gibran. Seperti Sri Mulyani, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Agus Gumiang, Zukifli Hasan, dan Sakti Wahyu Trenggono. 

Di satu sisi, transisi pemerintahan saat ini bisa dibilang berjalan sangat lancar karena ada faktor keberlanjutan dari Jokowi, lewat anaknya yaitu Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden RI.

Saat menyusun susunan calon menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang dipanggil Kertanegara beberapa hari lalu, Prabowo juga masih menjadi menteri pertahanan.

Di sisi lain, saat ini Prabowo sudah resmi menjadi presiden sehingga sangat dinanti ketegasannya dalam menjalankan pemerintahan, termasuk dalam memilih daftar nama yang akan menjadi pembantunya.

Baca Juga: Peralihan Kekuasaan Lancar, Wakil Ketua MPR Yakin Kepercayaan Investor Asing Meningkat

“Apakah dengan tagline keberlanjutan Pak Prabowo tidak punya program sendiri, gaya kepemimpinan sendiri, sikap politik sendiri? Kan tentu tidak menginginkan dirinya berada dalam bayang-bayang kepemimpinan sebelumnya. Setiap pemimpin, saya kira,  ingin memberikan warna tersendiri dalam gaya kepemimpinan yang bisa diingat oleh rakyatnya,” tutur Lely.

“Jadi tegak tegasnya seorang Prabowo Subianto ini akan kita lihat,” ucapnya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x