Kompas TV nasional politik

PDIP Minta Maaf Megawati Tidak Hadiri Pelantikan Prabowo Gibran

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 10:09 WIB
pdip-minta-maaf-megawati-tidak-hadiri-pelantikan-prabowo-gibran
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) meminta maaf kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto karena Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri tidak hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Parlemen, Minggu (20/10/2024).

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah saat dikonfirmasi perihal Megawati Soekarnoputri yang tidak hadir dalam pelantikan.

“Beliau punya keinginan yang kuat untuk hadir, namun beliau sakit flu yang memerlukan istirahat, karena sebagai Ketua Umum akhir-akhir ini beliau tingkat kesibukannya sungguh luar biasa,” ucap Said Abdullah, Minggu.

“Sehingga minta maaf bahwa ibu ketua umum tidak bisa menghadiri hari ini pelantikan presiden Prabowo walaupun keinginan beliau sangat kuat untuk hadir,” tambah Said.

Baca Juga: Sebelum Pelantikan, Prabowo Sambut Para Tamu Negara di Gedung DPR/MPR

Said mewakili PDI-P menyampaikan selamat kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang dilantik hari ini.

“Saya mengucapkan selamat atas dilantiknya Pak Presiden Prabowo, sekaligus selamat bekerja karena tantangannya tidak ringan 5 tahun ke depan dari sisi tingkat kemiskinan, kesenjangan sosial, ketahanan energi, kemudian ketahanan pangan kita, dan kualitas SDM yang terus perlu ditingkatkan,” kata Said.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto sudah menyampaikan jika Megawati tidak hadir dalam pelantikan karena flu.

Sebagai bentuk penghormatan, PDI-P menugaskan Puan Maharani mewakili Megawati dalam pelantikan Prabowo – Gibran.

“Karena itu, kehadiran Ibu Mega nanti diwakili oleh Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan juga representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan,” jelas dia.

Baca Juga: Ma’ruf Amin Berharap Gibran Lebih Banyak Memberikan Sumbangsih Pada Bangsa dan Negara

Megawati, sambung Hasto, juga menginstruksikan kepada seluruh kader PDI-P yang menjabat di legislatif untuk menghadiri pelantikan presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Ya memang kami, Ibu Mega telah mengeluarkan instruksi secara langsung bahwa seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang untuk keluar kota dan semua harus hadir di dalam proses yang konstitusional berkaitan dengan pelantikan Bapak Prabowo selaku Presiden,” kata Hasto.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x