Kompas TV nasional humaniora

Hasil BPIP Gelar Diskusi Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara, Ternyata Terkait Kemiskinan

Kompas.tv - 18 Oktober 2024, 15:48 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

NTT, KOMPAS.TV - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar Focus Group Discussion mengenai kerapuhannya etika penyelenggara negara.

Diskusi yang membahas sejumlah isu ini kini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah demi mewujudkan ekonomi berdaulat bagi masyarakat Indonesia.

Bertempat di salah satu aula Kampus Muhammadiyah Kupang, Nusa Tenggara Timur, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kembali menggelar Focus Group Discussion bersama para pakar, tokoh, dan ratusan mahasiswa.

Diskusi yang digelar ini dibagi menjadi dua sesi dengan tema yang berbeda, yakni membahas problematika kemiskinan dan kedaulatan ekonomi yang kini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk menyelesaikannya demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

Menurut Amin Abdullah, anggota Dewan Penyelenggara BPIP, diskusi terkait kerapuhannya etika penyelenggara negara, ASN berperan besar dalam mensejahterakan masyarakat.

Untuk itu hindari KKN dan utamakan prinsip-prinsip meritokrasi.

Sementara Ester Jusuf mengakui bahwa kemiskinan terjadi karena terdapat pengelolaan yang keliru, tidak kontekstual untuk kepentingan bangsa. Jadi, kepentingan oligarki atau penguasa yang mendapatkan porsi.

Baca Juga: Tujuan BPIP Gelar Diskusi Soroti Etika dan Agama, Mendengar Paradoks Keberagaman di Indonesia

#bpip #kupang 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x