Kompas TV nasional politik

Waketum Golkar: Nama Kader yang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo Ada di Kantong Pak Bahlil

Kompas.tv - 10 Oktober 2024, 18:43 WIB
waketum-golkar-nama-kader-yang-jadi-menteri-di-kabinet-prabowo-ada-di-kantong-pak-bahlil
Ketua Steering Commitee (SC) Rapimnas dan Munas-XI Partai Golkar Adies Kadir di JCC, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Adies Kadir mengaku tak mengetahui jumlah kader partainya yang akan menjadi menteri dalam kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sebab itu merupakan hak prerogatif dari ketua umumnya, Bahlil Lahadalia. 

"Wah itu (nama kader Golkar yang jadi menteri) tanya Pak Bahlil (Ketua Umum Partai Golkar) kan, di kantong Pak Bahlil nama-nama itu," kata Adies di gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Selain itu, kata dia, pemilihan menteri pun juga merupakan hak prerogatif dari Prabowo sebagai Kepala Negara. 

Baca Juga: Sri Mulyani Tersenyum saat Ditanya Kemungkinan Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo

"Waduh saya enggak tahu kalau soal menteri, itu kan sekali lagi hak prerogatif presiden dan tentunya kalau presiden kan koordinasinya dengan ketua umum," ujarnya.

"Sejauh ini Pak Bahlil belum ada cerita itu," imbuhnya. 

Namun, Wakil Ketua DPR RI itu menilai Bahlil dan Prabowo terus berkomunikasi secara intens untuk pemilihan kader Golkar sebagai pembantunya. 

"Kita kan enggak tahu apakah pembicaraan tentang tugas-tugas kenegaraan beliau sebagai Menteri ESDM atau sebagai ketua partai kita kan enggak ngerti. Tetapi kan intensitas pertemuan antara Ketua Umum Golkar Pak Bahlil dengan Presiden terpilih Pak Prabowo juga cukup intens," ujarnya. 


Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menyebut, penyusunan kabinet untuk pemerintahan mendatang hampir rampung.

Nantinya, komposisi secara rinci akan diumumkan langsung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Namun, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu tak menjelaskan detail  waktu pengumuman kabinet Prabowo-Gibran ini.

Baca Juga: Bahas Pos Kementerian yang akan Diisi Kader Demokrat, AHY Tunggu Keputusan Final Prabowo

"Sudah hampir 100 persen (penyusunan kabinet). Nanti ya diumumkan Pak Presiden," kata Gibran di Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024). 


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x