Kompas TV nasional peristiwa

KSAD Pastikan Proses Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Berjalan Aman

Kompas.tv - 10 Oktober 2024, 13:56 WIB
ksad-pastikan-proses-pelantikan-prabowo-gibran-sebagai-presiden-dan-wapres-berjalan-aman
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Mabes TNI AD, Jakarta, Senin (22/7/2024). (Sumber: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memastikan proses pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Gedung MPR pada 20 Oktober 2014 berjalan aman.

Maruli memastikan tidak ada gelombang atau pergerakan yang berpotensi menciptakan situasi tidak aman saat pelantikan nanti.

“Jadi kekuatan kekuatan sudah kita baca hampir tidak ada (ancaman),” kata Maruli setelah menghadiri serah-terima Danrem dan Dandim di kawasan Jakarta Barat sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Istana Jelaskan Alasan Keppres IKN Ditandatangani Prabowo: Sebagai Bentuk Komitmen untuk Melanjutkan

Kendati demikian, Maruli menuturkan, jajarannya akan melakukan pengamanan normal selama proses pelantikan berlangsung. Namun, Maruli tidak menyebutkan berapa jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan pelantikan presiden dan wapres.

“Tidak ada hal-hal yang terlalu menonjol kira-kira. Mudah-mudahan bisa lancar nanti,” ujar Maruli dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Istana: Jokowi Resmikan Istana Negara di IKN 11 Oktober 2024

Prosesi pelantikan, rencananya akan digelar di gedung DPR dan MPR serta disaksikan oleh seluruh anggota legislatif. Setelah itu, Prabowo dan Gibran akan pergi ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x