Kompas TV nasional politik

Dasco Sebut Maman Abdurrahman Calon Menteri UMKM: 100 Persen Itu Hak Prerogatif Pak Prabowo

Kompas.tv - 9 Oktober 2024, 19:52 WIB
dasco-sebut-maman-abdurrahman-calon-menteri-umkm-100-persen-itu-hak-prerogatif-pak-prabowo
Politisi Partai Golkar Maman Abdurrahman menyebut kesepakatan pertama dalam koalisi Indonesia Bersatu adalah berkomitmen mendukung penuh pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV  -  Ketua Harian Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sufmi Dasco Ahmad menyebut politikus Partai Golkar, Maman Abdurrahman sebagai calon menteri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pernyataan Dasco tersebut disampaikan saat audiensi DPR bersama Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik (Aismoli), di ruang rapat Komisi VII DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dalam audiens tersebut, Maman menyarankan adanya pergantian diksi subsidi motor listrik menjadi insentif motor listrik untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah menekan penggunaan kendaraan motor berbasis fosil.

”Diksi subsidi itu diubah menjadi insentif gitu. Dalam perdebatan diskusi kita, kita menyarankan untuk insentif,” kata Maman, dikutip Kompas.id.

Baca Juga: Sekjen Gerindra Akui Ada Menteri Era Jokowi di Kabinet Prabowo-Gibran

“Kenapa itu menjadi insentif adalah untuk mengubah behavior masyarakat yang awalnya mengonsumsi motor berfosil menjadi motor listrik gitu. Jadi itu yang mungkin sekadar usulan pimpinan,” tambahnya.

Menanggapi usulan Maman, Dasco mengaku sepakat. Ia bahkan menyebut usulan Maman itu merupakan usulan dari calon menteri UMKM.

”Kesimpulan rapat pada hari ini, asosiasi dan Komisi VII, harus membuat rekomendasi yang akan ditujukan kepada pemerintah yang baru tentang kebijakan lanjutan,” kata Dasco.

“Karena ini masukan dari calon menteri UMKM, jadi usul insentif ini semata-mata untuk kepentingan rakyat dan kelancaran industri motor listrik kita. Dan, kebetulan nanti akan didukung oleh UMKM dalam hal pemenuhan syarat-syarat komponen lokal,” tutur Dasco sambil disambut tawa oleh peserta rapat.

Namun, seusai rapat tersebut, Dasco enggan berkomentar banyak mengenai penyebutan Maman sebagai calon menteri UMKM.

”Itu nanti kita lihat dua minggu lagi. Tadi saya doakan kepada Pak Maman supaya bisa mengurus UMKM dengan baik yang berkaitan dengan motor listrik terutama,” ucap Dasco.

Baca Juga: Tanggapi Kabar 3 Kader PDIP Akan Jadi Menteri Prabowo, Ahmad Muzani: Insya Allah Ada

Terkait ucapan Dasco yang menyebutnya sebagai calon menteri UMKM, Maman menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia.

”Namun, sekali lagi, 100 persen itu adalah hak prerogatif Pak Prabowo,” kata Maman.




Sumber : Kompas.id




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x