Kompas TV nasional peristiwa

Prabowo Respons Tuntutan Hakim: Saya Ingin Memperbaiki Remunerasi Penghasilan Para Hakim

Kompas.tv - 8 Oktober 2024, 16:00 WIB
prabowo-respons-tuntutan-hakim-saya-ingin-memperbaiki-remunerasi-penghasilan-para-hakim
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyampaikan keterangan kepada wartawan menjelang pertemuan internal dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/6/2024). Melalui sambung telpon Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Prabowo Subianto berjanji akan  menyesuaikan gaji para hakim.  (Sumber: Kompas.tv/Ant/Andi Firdaus)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merespons Solidaritas Hakim Indonesia yang menjalani rapat dengar pendapat umum di DPR.

Melalui sambung telpon Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Prabowo Subianto berjanji akan  menyesuaikan gaji para hakim. 

“Saya sangat berpendapat bahwa para hakim harus diperbaiki kualitas-kualitas hidupnya dan harus dijamin, supaya para hakim itu sangat mandiri dan bisa menjalankan tugas sebagai hakim dengan sebaik-baiknya,” ucap Prabowo, Selasa (8/10/2024). Dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Baca Juga: Jokowi Optimistis Transisi Kepemimpinannya ke Prabowo Berjalan Mulus: Kabinet Bisa Langsung Kerja

“Karena itu, dari dulu rencana saya ingin memperbaiki remunerasi penghasilan para hakim supaya menjadi sangat baik itu pandangan saya dari dulu,” tambah dia.

Oleh karena itu, Prabowo meminta para hakim bersabar menunggu dirinya menerima estafet kepemimpinan untuk selanjutnya merealisasikan tuntutan hakim.

“Begitu saya memang menerima estafet, saya menerima mandat, dan saya menjalankan, saya benar-benar akan memperhatikan para hakim, karena supaya negara kita bisa hilangkan korupsi, para hakim yang tidak boleh bisa disogok, para hakim tidak bisa diberi, para hakim harus terhormat, para hakim harus mendapat perhatian dari negara penghasilan yang memadai,” ujarnya.

“Sehingga dia punya harga diri yang sangat tinggi dan dia tidak perlu untuk cari tambahan, itulah tekad saya, itu keyakinan saya, untuk itu saya mohon bantuan saudara-saudara marilah kita bersatu kita benahi negara,” tambah Prabowo.

Baca Juga: Jokowi soal Kehadirannya dalam Pelantikan Prabowo: Mungkin Ndak

Dikutip dari Kompas.com, Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) meminta negara hadir untuk kesejahteraan hakim. Pasalnya, sudah 12 tahun hakim tidak mengalami kenaikkan gaji dan tunjangan.

“Kami sampaikan (ke Menkumham) kondisi rekan-rekan hakim yang sudah 12 tahun tidak naik gaji, tidak naik tunjangannya, sedangkan inflasi terus bertambah, saya sampaikan, kami sampaikan, kami tidak ingin kaya tapi kami ingin negara hadir terhadap kondisi yang terjadi di rekan-rekan hakim,” kata Koordinator SHI Aji Prakoso, Senin (7/10).


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x