Kompas TV nasional peristiwa

Tuntut Kesejahteraan, Solidaritas Hakim Gelar Pertemuan dengan Pimpinan DPR Hari Ini

Kompas.tv - 8 Oktober 2024, 10:07 WIB
tuntut-kesejahteraan-solidaritas-hakim-gelar-pertemuan-dengan-pimpinan-dpr-hari-ini
Ilustrasi. Solidaritas Hakim Indonesia akan menggelar pertemuan dengan pimpinan DPR pada Selasa (8/10/2024). (Sumber: KOMPAS.com/RYAN SARA PRATIWI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) akan menggelar pertemuan dengan pimpinan DPR pada Selasa (8/10/2024) untuk menyampaikan aspirasi terkait kesejahteraan hakim.

Sebelumnya, Anggota DPR RI Habiburokhman menyatakan pihaknya mendukung peningkatan kesejahteraan hakim terkait gaji dan tunjangan.

Baca Juga: Hakim Tuntut Kesejahteraan, MA: Peraturan Kenaikan Gaji Hakim Segera Selesai

"Saya sudah diperintah oleh Wakil Ketua DPR terpilih saat ini, Dasco Ahmad, untuk berkomunikasi dengan Solidaritas Hakim Indonesia yang menuntut peningkatan kesejahteraan pada tanggal 7 dan 8, kami akan menggelar pertemuan audiensi RDPU (rapat dengar pendapat umum) dengan para hakim yang menuntut kesejahteraan tersebut," kata politikus Partai Gerindra itu di Jakarta, Jumat (4/10/2024), dikutip laman resmi DPR.

Hakim-hakim yang tergabung dalam SHI mengajukan protes dengan mengambil cuti massal selama lima hari dari 7 hingga 11 Oktober 2024.

Para hakim menuntut kenaikan gaji dan tunjangan yang tidak naik selama 12 tahun.

Baca Juga: 12 Tahun Gaji Hakim Tak Naik, Begini Kata Salah Satu Hakim dan Advokat

Dilansir laman resmi DPR, SHI menuntut Presiden Republik Indonesia segera merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim di Bawah Mahkamah Agung, untuk menyesuaikan gaji dan tunjangan hakim sesuai dengan standar hidup layak dan besarnya tanggung jawab profesi hakim.

Selain itu, mereka mendesak pemerintah untuk menyusun peraturan perlindungan jaminan keamanan bagi hakim, mengingat banyaknya insiden kekerasan yang menimpa hakim di berbagai wilayah pengadilan.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x