Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Prediksi Hujan hingga Sangat Lebat di Berbagai Wilayah Indonesia, Cek Wilayah Terdampak

Kompas.tv - 8 Oktober 2024, 08:05 WIB
bmkg-prediksi-hujan-hingga-sangat-lebat-di-berbagai-wilayah-indonesia-cek-wilayah-terdampak
Ilustrasi hujan lebat. BMKG memprediksi sejumlah wilayah alami curah hujan tinggi akhir September 2024 (Sumber: The Weather Channel)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca terbaru yang menunjukkan adanya potensi hujan di berbagai wilayah Indonesia pada Selasa (8/10/2024).

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG yang dirilis pada Senin (7/10/2024), potensi hujan ini berkaitan erat dengan aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial dan Kelvin.

Selain aktivitas gelombang, BMKG juga melaporkan adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di dua lokasi Samudra Pasifik timur Filipina dan Samudra Pasifik timur Laut Papua.

Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Pasifik Timur Filipina hingga Perairan Timur Filipina.

Selain itu Gelombang Rossby Ekuatorial diprediksi akan aktif di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk di Sumatera bagian utara hingga tengah, Kalimantan Barat, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua Barat.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta: Cerah Berawan Mendominasi, Beberapa Wilayah Berpotensi Berawan Tebal

Di sisi lain, aktivitas gelombang atmosfer Kelvin terpantau di sebagian besar wilayah Sumatera (kecuali Bengkulu), serta di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Papua Barat Daya.

BMKG menyatakan bahwa kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah yang dilewati konvergensi/konfluensi.

Untuk tanggal 8 Oktober 2024, BMKG merinci prakiraan intensitas hujan sebagai berikut:

  • Hujan ringan: Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Tengah.
  • Hujan sedang: Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.
  • Hujan lebat: Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, dan Maluku.
  • Hujan sangat lebat: Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

 




Sumber : Kompas TV, BMKG




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x