Kompas TV nasional hukum

Satgas Damai Cartenz Tangkap 2 Anggota OPM di Puncak Jaya, Dituduh Terlibat Penembakan Sipil dan TNI

Kompas.tv - 7 Oktober 2024, 22:19 WIB
satgas-damai-cartenz-tangkap-2-anggota-opm-di-puncak-jaya-dituduh-terlibat-penembakan-sipil-dan-tni
Kaops Satgas Damai Cartenz Brigjen Pol Faizal Rahmadani didampingi Kasatgas Humas Kombes Bayu Suseno. (Sumber: ANTARA/HO/Dok Satgas Damai Cartenz.)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MULIA, KOMPAS.TV - Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2024 Brigjen Pol. Faizal Ramadhani menyatakan bahwa pihaknya menangkap dua anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua Tengah. Dua anggota OPM tersebut dituduh terlibat serangkaian aksi penembakan terhadap warga sipil dan tentara di Puncak Jaya.

Faizal menyebut kedua anggota OPM itu saat ini ditahan di Mapolres Puncak Jaya guna penyelidikan lebih lanjut.

"Dua orang pelaku penembakan terhadap aparat TNI dan warga sipil telah berhasil diamankan oleh tim gabungan dan saat ini berada dalam proses penyelidikan," kata Faizal dalam rilis Satgas Damai Cartenz-2024 yang diterima Kompas TV, Senin (7/10/2024).

Baca Juga: OPM Bakar SMPN Okbab, Kapendam: Organisasi Papua Merdeka Ingin Anak-anak Tidak Sekolah

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno menyebut kedua anggota OPM itu ditangkap di Jalan Trans Wamena-Puncak Jaya, tepatnya di daerah Kampung Lumbuk, Distrik Tingginambut pada Sabtu (5/10).

Bayu menjelaskan, tim gabungan Satgas Damai Cartenz yang melintasi jalur antara Tingginambut-Kalome menangkap dua anggota OPM atas nama Alison Wonda alias Kumara (23) dan Yotenus Wonda alias Maleki (26).

Bersamaan dengan penangkapan tersebut, petugas juga menyita barang bukti berupa tiga ponsel (dua Realme dan satu Oppo), dua tas, satu noken, serta tiga unit sepeda motor.

Berdasarkan interogasi, Alison Wonda dan Yotenus Wonda diduga terlibat serangkaian tindak kejahatan, termasuk penembakan aparat TNI di Puncak Jaya pada Maret 2024 lalu.

Yotenus dilaporkan telah mengaku terlibat dalam penembakan yang menewaskan Sertu Mar Ismunandar dan melukai Serka Salim Lestaluhu di dekat Puskesmas Mulia, Kampung Kulirik, Puncak Jaya pada 1 Maret 2024.

Yotenus mengaku dirinya terlibat perencanaan serangan tersebut bersama sejumlah anggota OPM lain, termasuk Ternus Enumbi dan Alison Wonda.

Dalam aksi penembakan tersebut, pelaku menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 dan merampas dua senjata api laras pendek milik korban.

Yotenus Wonda alias Maleki juga mengaku terlibat dalam percobaan pembunuhan terhadap seorang warga sipil bernama Aan pada 31 Mei 2024, serta penembakan terhadap Serma Anumerta Jefri E. May pada 15 Agustus 2024 di Sport Center, Kampung Pagaleme.

Tim Gabungan Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 dilaporkan masih melakikan pengejaran terhadap anggota OPM lainnya yang masih buron.

Baca Juga: Pembebasan Pilot Susi Air dari Tangan KKB: Prabowo Monitor Langsung, Tangis Bahagia Philip Mehrtens


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x