Kompas TV nasional rumah pemilu

Jokowi Minta TNI Jaga Stabilitas Saat Pilkada Serentak, Dukung Penuh Transisi Pemerintahan

Kompas.tv - 5 Oktober 2024, 10:44 WIB
jokowi-minta-tni-jaga-stabilitas-saat-pilkada-serentak-dukung-penuh-transisi-pemerintahan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato saat upacara HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta TNI untuk menjaga stabilitas saat Pilkada Serentak yang pemungutan suaranya digelar pada 27 November 2024.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pidatonya pada upacara HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

"Kita akan menghadapi dua event besar pada 20 Oktober ini: transisi kepemimpinan nasional dengan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, serta di bulan November akan ada Pilkada Serentak di 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi," kata Jokowi.

"Untuk itu, saya minta, jaga betul stabilitas, dukung penuh transisi pemerintahan, pastikan proses transisi berjalan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara," ucap Jokowi.

"Dukung penuh penyelenggaraan Pilkada, jaga netralitas, dan pastikan situasi tetap kondusif," ujarnya.

Baca Juga: Pidato di Upacara HUT Ke-79 TNI, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Prabowo

Mengakhiri pidatonya, Jokowi sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada TNI yang selalu mendukung pemerintahannya selama 10 tahun terakhir.

"Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh keluarga besar TNI yang telah mendukung tugas saya sebagai presiden selama 10 tahun terakhir ini. Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia!" kata Jokowi.

Seperti yang dikeyahui, Indonesia akan mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal dan tahapan Pilkada serentak 2024 yang dilakukan secara serentak pada November.

Sementara itu, acara puncak HUT ke-79 TNI digelar di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). Selain menggelar upacara, akan dilaksanakan berbagai acara lainnya seperti defile pasukan dan alutsista hingga hiburan serta konser musik.


Sejumlah artis top ibu kota bakal memeriahkan acara HUT ke-79 TNI ini mulai dari Dewa 19, Slank, Ari Lasso hingga Raffi Ahmad. 

Baca Juga: Barisan Kompak Pasukan TNI di Monas Diiringi lagu Maju Tak Gentar




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x